Buah untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

0
49
Buah Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Buah untuk menurunkan kolesterol tinggi bisa Anda konsumsi secara teratur setiap harinya. Kadar kolesterol tinggi pada tubuh bisa meningkatkan Anda terserang berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan antisipasi dengan cara konsumsi makanan yang dapat menurunkan kolesterol.

Cara paling efektif agar kadar kolesterol Anda normal adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur. Buah memiliki kandungan serat tinggi yang bisa larut pada air. Sehingga mampu mengikat asam empedu. Kondisi tersebut akan menurunkan penyerapan lemak serta kolesterol yang terdapat dalam darah.

Zat yang berperang dalam proses tersebut adalah pektin. Selain itu buah-buahan juga mengandung senyawa kimia, yang bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik atau HDL. HDL ini akan membuat aliran darah semakin lancar, sehingga bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Jenis Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi

Banyak sekali jenis buah yang diklaim mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut ini buah yang dapat menurunkan kolesterol tinggi:

Apel
Apel merupakan buah yang memiliki kandungan pektin sangat tinggi terutama pada bagian kulitnya. Dengan di olah menjadi jus buah untuk menurunkan kolesterol dengan cepat, zat tersebut dapat menyerap lemak jahat serta kolesterol yang berada didalam usus halus. Kemudian akan dikeluarkan melalui feses dan juga urine.

Alpukat
Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat sangat baik untuk tubuh. Bahkan buah satu ini sangat direkomendasikan bagi penderita penyakit jantung. Karena mengandung serat, vitamin serta mineral yang mampu menyerap kolesterol jahat. Selain itu, buah ini juga bisa menstabilkan gula darah.

Pir
Buah pir mengandung tinggi serat, bahkan mengonsumsi satu buah pir bisa mencukupi sebanyak 16 persen serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah pir juga mampu menurunkan kolesterol jahat sehingga kadarnya akan stabil.

Buah Berri
Stroberi, blueberry, ataupun cranberry merupakan buah yang kaya akan serat. Kandungan tersebut bisa larut dalam air sehingga mampu menyerap kolesterol jahat pada usus. Selain itu, konsumsi buah berri secara rutin akan menurunkan risiko terserang penyakit kardiovaskular.

Resep Jus Buah untuk Turunkan Kolesterol dengan Cepat

Anda bisa berkreasi membuat jus buah untuk menurunkan kolesterol dengan cepat. Anda bisa menggunakan beberapa jenis buah dan sayuran sekaligus untuk membuat jus yang menyegarkan. Resepnya adalah sebagai berikut:

Resep 1, Jus Apel, Wortel, Seledri
Jus kombinasi pertama untuk turunkan kolesterol dengan cepat yaitu jus apel, wortel dan seledri. Untuk membuatnya Anda hanya perlu menyiapkan 1 buah wortel ukuran besar, 2 buah apel hijau tanpa dikupas, kemudian 2 lembar seledri. Potonglah semua bahan menjadi beberapa bagian kemudian masukan kedalam juicer. Minumlah jus buah untuk menurunkan kolesterol secara teratur.

Resep 2, Jus Apel, Lemon, Paprika, Seledri
Untuk membuat jus yang kaya nutrisi penurun kolesterol maka Anda bisa mengombinasikan apel dengan lemon, paprika dan seledri. Anda bisa menyiapkan 2 buah apel, 1 buah paprika hijau, 1 iris lemon, dan 2 lembar daun seledri. Potonglah semua bahan kemudian tambahkan satu gelas air kemudian blender hingga halus. Lemon bisa Anda tambahkan diakhir ketika jus sudah siap.

Mengonsumsi buah sangat baik untuk kesehatan. Selain rasanya yang menyegarkan, buah juga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang tengah menjadi program diet. Buah untuk menurunkan kolesterol tinggi seperti apel dan alpukat wajib untuk Anda konsumsi setiap hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here