Cara Memakai Masker Dengan Benar Guna Mencegah COVID-19

0
162
cara memakai masker dengan benar

Artikel ini akan mengulas singkat tentang cara memakai masker dengan benar. Jadi diharapkan pembaca tahu bagaimana penggunaan masker wajah yang benar tersebut. Yuk kita simak penjelasan dan videonya di bawah.

Kapan Harus Memakai Masker?

  • Jika Anda sehat, maka hanya perlu memakai masker bila merawat orang yang diduga terkena infeksi COVID-19.
  • Pakailah masker bila mengalami batuk atau bersin.
  • Masker hanya efektif bila digunakan berkombinasi dengan pembersihan tangan menggunakan alkohol 70%, sabun, dan air.
  • Bila Anda memakai masker, maka pelajarilah dan sebaiknya harus tahu bagaimana cara menggunakannya dan membuangnya dengan benar.

Simak video di bawah ini. Video singkat ini menjelaskan urgensi pemakaian masker pada infeksi virus corona.

Keterangan Video
Masker medis seperti dijelaskan di atas, tidak dapat melindungi dari infeksi coronavirus saat digunakan sendiri. Pemakaiannya harus dikombinasikan dengan menjaga kebersihan tangan dan tindakan pencegahan lainnya.

WHO hanya merekomendasikan penggunaan masker pada kasus tertentu. Jika Anda menderita batuk, demam, dan sulit bernapas, kenakanlah masker dan carilah perawatan medis. Jika Anda tidak memiliki gejala-gejala ini, Anda tidak harus memakai masker karena tidak ada bukti bahwa masker dapat melindungi orang yang tidak sakit. Namun jika Anda sehat tetapi merawat orang yang mungkin terinfeksi dengan virus corona, maka harus mengenakan masker setiap kali berada di ruangan yang sama dengan orang itu.

Perlu diingat, jika memilih untuk memakai masker, maka gunakan dan buanglah secara benar dan bersihkan tangan dengan menggnakan alkohol atau sabun dan air.

Tips Cara Memakai Masker Dengan Benar

Anda harus tahu langkah penggunaan masker wajah yang benar sekaligus cara melepas dan membuangnya. Simak video di bawah ini.

Jika memutuskan untuk memakai masker medis yang berlipat dan rata seperti di atas, penting untuk memakai dan membuangnya dengan benar. Kalau tidak, alih-alih melindungi Anda, masker menjadi sumber infeksi karena kuman yang telah melekat di sana.

Untuk memakainya dengan benar, harus menemukan strip logam di bagian atas masker. Letakkanlah di atas jembatan hidung Anda, kencangkan pengikat di sekitar telinga Anda, atau ikat tali di belakang kepala Anda. Pastikan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu Anda. Saat sedang digunakan, jangan menyentuh bagian depan masker.

Untuk melepaskan masker, ambil pengikat dari area telinga atau lepaskan ikatan pada bagian belakang kepala. Jangan menyentuh bagian depan karena dapat terkontaminasi. Lepaskan masker dan buang di tempat sampah yang tertutup.

Bersihkan tangan dengan bantuan alkohol, penggosok tangan, atau sabun dan air. Kebersihan tangan harus mutlak dilakukan bila secara tidak sengaja menyentuh bagian depan masker saat mengenakannya.

Jika masker menjadi lembab, gantilah dengan masker kering yang baru. Jangan sekali-kali menggunakan kembali “masker sekali pakai”. Buanglah segera ke tempat sampah tertutup setelah setiap kali selesai digunakan.

Nah, itu tadi pembahasanya. Mudah-mudahan bermanfaat! Baca juga tentang ODP dan PDP yaitu istilah yang populer dalam infeksi virus corona.

Sumber:
https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/when-and-how-to-use-masks
Sachmud TV Channel on youtube
https://drzuhdy.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here