7 Makanan Pereda Refluks Asam Lambung

0
152
makanan pereda refluks asam lambung
gambar jahe

Asam lambung adalah penyakit yang lumrah dan banyak diderita orang. Anda bisa saja akan terkena atau memang sudah terkena. Untuk itu perlu dipahami makanan pereda refluks asam lambung di bawah ini.

Menu Diet dan Nutrisi untuk Pasien GERD
Refluks asam lambung terjadi ketika cairan isi lambung mengalir kembali dari lambung ke esofagus (kerongkongan). Ini memang bisa terjadi secara umum, akan tetapi dapat mencetuskan gejala yang mengganggu bila sudah terjadi gangguan. Tanda yang paling sering dialami penderita adalah heartburn.

Heartburn adalah perasaan panas dan terbakar di area dada. Satu alasan mengapa hal ini terjadi adalah akibat kelemahan atau kerusakan pada sfingter (katup) esofagus bagian bawah. Pada kondisi normal, katup ini berperan sebagai pintu yang mencegah regurgitasi (refluks) asam lambung. Namun, bilamana terjadi kerusakan maka akan muncul gejala heartburn tadi.

Jumlah dan jenis makanan yang kita makan memberikan pengaruh kepada jumlah asam lambung yang dihasilkan. Konsumsi jenis makanan yang tepat akan mengontrol refluks asam atau penyakit GERD ini menjadi lebih buruk atau kronis.

Makanan Tertentu Sebagai Pereda Asam Lambung Alami dan Gejala GERD

Gejala refluks dihasilkan dari peningkatan cairan yang mengalir ke esofagus dan menyebabkan iritasi dan nyeri. Bila terlalu asam pH dari cairan lambung maka dapat dikurangi dengan menerapkan menu makanan yang mengandung jenis makanan di bawah ini. Namun, perlu dipahami bahwasanya makanan di bawah ini tidaklah menyembuhkan penyakit GERD Anda secara sempurna, akan tetapi lebih kepada mengontrol frekuensi kekambuhan dan derajat keparahan gejala.

Sayur-Sayuran
Sayur mayur secara alami mempunyai kandungan gula dan lemak yang rendah. Ini akan membantu mengurangi keasaman lambung. Pilihan jenis sayuran tersebut adalah kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran yang berdaun hijau, dan mentimun.

Jahe
Jahe mempunyai peran sebagai anti inflamasi (peradangan) alamiah. Tanaman herbal ini akan membantu mengurangi proses peradangan yang terjadi di permukaan lapisan esofagus. Tanaman ini kerap kali dijadikan obat pereda asam lambung tradisional. Mulailah menambahkan jahe ke dalam menu makanan harian atau meminumnya dalam bentuk teh jahe.

Gandum
Gandum seringkali dijadikan makanan untuk sarapan pagi. Gandum mempunyai kandungan serat yang tinggi. Nah, serat ini dihubungkan dengan penurunan risiko terjadinya refluks asam. mengapa? Oleh karena sera bersifat menyerap cairan di lambung.

1. Buah juga Menetralisir Gejala GERD

Buah yang bukan golongan sitrus
Contoh tipe buah non-citrus adalah melon, pisang, apel, pir, dan lain-lain. Buah ini memiliki pH yang basa dan beberapa diantaranya mengandung magnesium yang biasa ditemukan dalam obat penteral asam lambung – antasida.

Baca juga: Buah untuk asam lambung dan maag

Daging Tidak Berlemak dan Makanan Laut
Daging yang sedikit lemak seperti ayam, ikan, dan makanan laut lainnya adalah jenis pangan yang cocok untuk mengurangi produksi asam lambung. Olahlah makanan ini dengan benar. Sebaiknya hindari pengolahan makanan dengan cara digoreng; lebih baik di rebus atau dipanggang.

Putih Telur
Putih telur mengandung protein dan tidak akan merangsang produksi asam lambung yang tinggi bila dimakan. Bila perlu hindari konsumsi kuning telur dalam jumlah yang banyak karena mengandung lemak yang tinggi.

Lemak Sehat
Tidak semua lemak yang dapat mencetuskan sekresi asam lambung berlebihan. Ada lemak yang tidak mencetuskan gejala GERD, yaitu: lemak alpukat, buah kenari, biji rami, minyak zaitun, wijen, dan minyak bunga matahari. Sebaiknya ganti porsi lemak jenuh dalam menu makanan Anda menjadi lemak tak jenuh yang telah disebutkan contohnya di atas.

Baca juga: Kepala kliyengan akibat asam lambung naik

Nah itu tadi beberapa jenis makanan pereda refluks asam lambung. Daftar makanan di atas dapat diterapkan ke dalam menu makanan harian Anda. Semoga bermanfaat dan Anda terhindari dari penyakit ini.

Sumber:
https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/acid-reflux-ger-gerd-adults
http://www.aboutgerd.org/diet-lifestyle-changes/diet-changes-for-gerd.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here