Cara Mendapatkan Bansos BLT Dana Desa

0
516
Cara Mendapatkan Bansos BLT Dana Desa
Cara Mendapatkan Bansos BLT Dana Desa. Sumber gambar: DrZuhdy.com

Mengenai cara mendapatkan bansos BLT dana desa bisa diketahui melalui pemerintah setempat. Bantuan langsung tunai untuk masyarakat tidak mampu bisa diberikan oleh pemerintah sejumlah 600 ribu rupiah setiap bulannya. Mengenai program ini dibuat agar bisa memberikan masukan bagi masyarakat tidak mampu selama pandemi covid-19.

Berikut ini daftar bantuan dari pemerintah yang bisa Anda pahami dan daftar bila memenuhi persyaratan. Silahkan baca, KLIK LINK INI: Jenis Bantuan Sosial dan Bantuan Langsung Tunai

Awalnya dana ini hanya diberikan mulai bulan April 2020 hingga 6 bulan. Namun kini diperpanjang 9 bulan sampai tahun 2021. Bukan hanya itu saja, sisa bantuan yang tidak digunakan juga dapat dipakai untuk keperluan desa padat karya serta mengembangkan usaha milik daerah bersangkutan.

Hal tersebut dilakukan agar dapat memaksimalkan dana yang didapatkan masyarakat karena dampak covid-19 ini. Untuk penerimanya sendiri juga harus sesuai dengan data yang ada dalam kesejahteraan sosial. Pemberian dana ini wajib memenuhi kriteria serta syarat yang sudah ditetapkan oleh menteri desa masing-masing.

Syarat yang Harus Dipenuhi

Untuk syarat yang wajib dipenuhi jika ingin tahu bagaimana cara mendapatkan bansos BLT dana desa seperti berikut. Pertama calon penerima harus masuk dalam data di RT/RW setempat dan harus ada di desa tersebut. Masyarakat yang mendapatkannya juga dalam kategori kehilangan pekerjaan ketika pandemi ini.

Selain itu juga tidak boleh mendapat bantuan lain dari pusat. Artinya penerima bansos BLT ini bukan termasuk yang mendapatkan PKH, kartu prakerja, dan jenis bantuan lain. Jika Anda masuk kategori namun tidak punya KTP, masih bisa mendapatkannya dan tidak wajib membuat KTP dulu.

Namun dalam hal tersebut, mereka harus tinggal di desa dengan memberikan alamat lengkap. Jika calon penerima sudah masuk daftar, maka bantuan akan diberikan langsung. Baik dalam bentuk tunai maupun transfer bank. Anda dapat langsung menghubungi pihak setempat, pihak bank, atau langsung ke kantor pos sekitar.

Baca juga cara mudah mendapatkan bantuan sosial tunai (BST), infonya di sini: DAFTAR BANTUAN SOSIAL TUNAI

Mengecek Penerima BLT

Kepala Desa yang bertanggung jawab untuk menyalurkan serta menggunakan dana tersebut. Pemerintah desa harus memprioritaskan anggaran ini untuk kesejahteraan masyarakatnya. Jika tidak dilakukan program ini, maka akan dikenakan sanksi sekitar 50% saat diberikan dana tahap ke 2. Selain itu tidak diberikan dana tahap 3.

Untuk melihat siapa nama masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut bisa mengikuti beberapa langkahnya. Pertama Anda langsung mengunjungi situs web resminya di sid.kemendesa.go.id. Nanti di halaman utama situs, Anda akan mendapatkan dua menu yang dapat dipilih untuk mencari data desanya. Anda bisa pilih pencarian sesuai nama desa.

Ketikkan nama desa Anda atau yang bersangkutan, kemudian klik enter. Nantinya akan langsung keluar nama desa sesuai yang diketikkan. Kemudian pilih langsung opsi BLT DD pada menu tersebut. Tanpa menunggu waktu lama, penerima BLT dana desa akan muncul siapa saja.

Jika saat proses pemberian dana ini kurang anggarannya atau lebih dari yang diberikan pemerintah, maka dapat menggunakan dana lainnya. Sebaiknya jika anggaran ini lebih, sehingga sisanya dapat digunakan memenuhi kebutuhan perekonomian desa. Cara mendapatkan bansos BLT dana desa langsung saja menanyakan ke pihak terkait.

Simak Juga: SYARAT dan CARA DAFTAR BANTUAN PKH KEMENSOS

Bagaimana Cara Memperoleh BLT Dana Desa ?

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam cara memndapatkan BLT dana desa, antara lain:

  • Keluarga miskin yang berhak memperoleh BLT dana desa ialah yang mencukupi minimal 9 dari 14 kriteria dari Kemensos.
  • Relawan desa yang mempunyai surat tugas dari kepala desa mencatat calon penerima.
  • Jumlah pendata ini minimal tiga atau lebih (dalam bilangan ganjil)
  • Proses pencatatan ini dilaksanakan pada tingkat rukun tetangga (RT)
  • Segala aktivitas pencatatan harus diketahui oleh ketua relawan desa lawan pandemi COVID-19.
  • Dokumen yang didapat dari pendataan dibahas dalam musyawarah desa untuk melewati proses validasi, finalisasi, dan penetapan data penerima bantuan.
  • Dokumen dimasukkan ke berita acara yang dibubuhkan tanda tangan kepada desa dan perwakilan badan permusyawaratan desa.
  • Dokumen diteruskan ke walikota atau bupati yang bisa didelegasikan kepada camat. Camat akan memberikan pengesahan.
  • Kepala desa membagikan surat pemberitahuan kepada para penerima BLT dana desa. Selain itu, kepala desa memberikan laporan rekap data dan distribusi pada pemerintah kabupaten atau kota.

Baca juga: Cara Mendapatkan Kartu Sembako

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here