Cara Mengobati Kutu Air Dengan Pasta Gigi

0
85
cara mengobati kutu air dengan pasta gigi
cara mengobati kutu air dengan pasta gigi. Sumber gambar: StockSnap dari Pixabay Free License

Tips cara mengobati kutu air dengan pasta gigi dari DrZuhdy.com. Ketika musim penghujan tiba maka seringkali kaki menjadi lembab karena aktivitas di jalanan yang becek. Kaki yang sering terkena air akan lebih berisiko terkena kutu air. Atau bagi Anda yang sering beraktivitas berhubungan dengan air juga akan mengalami hal ini. Nah, kami akan berbagi tips cara menyembuhkan kutu air dengan pasta gigi di sini.

Kutu air adalah suatu keadaan dimana muncul selaput putih pada sela-sela jari kaki. Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh jamur. Kulit yang basah dan lembab adalah area yang sesuai bagi pertumbuhan jamur. Oleh sebab itu, penyakit kutu air ini sering dialami oleh orang yang beraktivitas berhubungan dengan air.

Cara Menyembuhkan Kutu Air

Pengobatan kutu air bisa dilakukan secara medis dan non-medis. Silahkan berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda untuk memperoleh saran pengobatan yang tepat. Biasanya dokter akan memberikan obat-obat anti jamur semisal clotrimazole atau mikonazole dalam kurun waktu 1 sampai 6 minggu.

Selain itu, pengobatan kutu air juga bisa dilakukan dengan cara non-medis, termasuk dengan memanfaatkan bantuan pasta gigi. Namun selain memakai bantuan pasta gigi, kami juga akan membagikan informasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang lain.

Cara Mengatasi Kutu Air Dengan Pasta Gigi

Pasta gigi biasanya memiliki kandungan sodium fluoride, sodium monofospat, dan tambahan ekstrak herbal. Kandungan ini juga memiliki kemampuan sebagai anti jamur. Apakah obat kutu air dengan pasta gigi terbukti? Salah satu penelitian yang berjudul “Assessment of antifungal activity of herbal and conventional toothpastes against clinical isolates of Candida albicans” menunjukkan hasil yang baik.

Senada dengan hal di atas, suatu studi yang berjudul “In vitro antifungal effect and inhibitory activity on biofilm formation of seven commercial mouthwashes” juga menunjukkan hasil bahwasanya pasta gigi dan pembersih mulut memiliki efek sebagai anti jamur.

Dengan demikian, Anda bisa menggunakan pasta gigi sebagai salah satu bahan pengobatan kutu air yang Anda alami. Silahkan oleskan tipis-tipis pada bagian kaki yang mengalami kutu air secara rutin. Dengan selalu menjaga kebersihan kaki, biasanya kutu air akan berangsur-angsur berkurang.

Larutan Cuka

Larutan cuka mengandung asam asetat yang dipercaya bertindak sebagai anti jamur. Silahkan manfaatkan larutan cuka sebagai air rendaman kaki dengan takaran 1 cangkir cuka dengan 2 gelas air.

Bawang Putih

Bawang putih juga dapat dipakai sebagai antiseptik alami mengatasi jamur kaki (kutu air). Studi memperlihatkan bahwasanya kandungan ajoene yang terdapat pada bawang putih dapat mengatasi penyakit kutu air.

Garam Laut

Garam laut bersifat anti bakteri dan jamur serta mengurangi kelembaban yang berlebihan. Silahkan campurkan satu cangkir garam laut ke dalam air yang hangat. Kemudian pakailah campuran tadi sebagai rendaman kaki selama 20 menit.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang mana bisa bertindak sebagai anti jamur. Prinsip pengobatannya sama seperti di atas yaitu dengan memanfaatkannya sebagai bahan rendaman kaki.

Pencegahan Penyakit Kutu Air Kambuh Datang Lagi

Pencegahan untuk penyakit ini juga termasuk hal yang penting. Penyakit akan tetap tinggi potensi dialami kembali bila kaki tetap dalam kondisi yang lembab. Untuk mencegah terjadi kekambuhan penyakit maka Anda dapat melakukan cara-cara di bawah ini:

Menjaga higienitas kaki

Budayakan untuk mencuci kaki dengan air bersih lalu mengeringkannya sampai benar-benar kering. Kebanyakan orang mengeringkan kaki seadanya sehingga masih tersisa air terutama di sela-sela jari kaki. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa jamur sering muncul pada area sela-sela jari kaki.

Hindari Pemakaian Kaus Kaki Berhari-Hari

Disarankan untuk rutin mengganti kaus kaki setiap hari. Jangan memakai kaus kaki yang sama untuk beberapa hari terutama bila kaus kaki sudah basah. Penggantian rutin sepatu juga bisa dilakukan bila memungkinkan. Bila tidak maka Anda harus menjaga kebersihan sepatu.

Pakailah Sepatu Berbahan Alami

Direkomendasikan untuk menggunakan sepatu yang berbahan dasar alami. Hal ini akan memungkinkan kaki Anda bernafas (sirkulasi udara di dalam sepatu tetap berjalan)

Jangan Pakai Pelembab Kaki Bila Sedang Bersepatu

Penggunaan pelembab kaki sebenarnya harus memperhatikan beberapa hal. Disarankan untuk menghindari pemakaian pelembab kaki ketika ingin menggunakan sepatu dalam jangka lama. Silahkan gunakan pelembab kaki pada saat Anda beristirahat di rumah. Bila memiliki masalah kulit kaki yang kering maka silahkan gunakan pelembab kaki, akan tetapi hindari pemakaian pada area sela jari. Hal ini lantaran area ini sangat tinggi kemungkinan terjadinya penyakit kutu air.

Pemakaian Bedak Talk Pada Kaki Yang Mudah Berkeringat

Pada sebagian orang, kaki sangat mudah berkeringat terutama saat memakai sepatu. Anda bisa memakai bedak untuk menyerap keringat pada kaki agar terhindar dari kutu air. Bila kurang nyaman, maka silahkan gunakan sepatu yang memiliki akses sirkulasi yang baik.

Nah, itu tadi tips mudah cara mengobati kutu air dengan pasta gigi dan bahan-bahan alami lain (secara non-medis) dan secara medis. Silahkan diterapkan di rumah. Bila ada masalah atau penyakit tidak kunjung sembuh maka konsultasikan dengan dokter, siapa tahu Anda memiliki masalah kesehatan yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here