Cara Mengobati Mata Bengkak Karena Kemasukan Serangga

0
165
cara mengobati mata bengkak karena kemasukan serangga
Ilustrasi cara mengobati mata bengkak karena kemasukan serangga. Gambar oleh Anemone123 dari Pixabay Free License

Tulisan kali ini akan berbagi informasi mengenai bagaimana cara mengobati mata bengkak karena kemasukan serangga. Banyak orang yang panik menghadapi masalah. Tidak jarang mata sering dikucek-kucek atau menggunakan obat secara sembarangan. Pengobatan yang asal-asalan justru dapat memperparah kondisi mata

Tips Cara Mengobati Mata Bengkak Karena Digigit Serangga

Sebelum kita bahas bagaimana tips cara mengobati mata bengkak karena kemasukan serangga, mari kita memahami dahulu tentang gigitan serangga ini. Gigitan serangga bisa menyebabkan permukaan kulit menjadi bengkak. Hal ini lantaran gigitan tersebut menimbulkan luka kecil pada kulit atau mengandung racun yang bisa menimbulkan reaksi alergi dan iritasi jaringan di sekeliling gigitan.

Tidak cukup di situ, keberadaan luka kecil tadi akan meningkatkan kerentanan infeksi karena masuknya virus dan bakteri ke dalam luka. Bila sudah terjadi infeksi maka disarankan untuk dibawa ke dokter. Apalagi telah menunjukkan tanda dan gejala seperti berikut ini:

  • Pembengkakan kelopak mata hebat (tertutup atau hampir) di kedua mata.
  • Pembengkakan kelopak mata hebat (tertutup atau hampir) pada salah satu mata.
  • Pembengkakan disertai oleh demam.
  • Pembengkakan mata disertai pembengkakan pada kaki dan tangan.
  • Kelopak mata (luar) sangat merah dan bengkak karena demam.
  • Keluar cairan kuning atau kehijauan (nanah) dari mata.
  • Pembengkakan menyebabkan mata merah, sakit kepala, dan gangguan penglihatan.

Namun, bila bengkak yang dialami belum menunjukkan salah satu dari tanda dan gejala di atas maka Anda masih bisa memberikan cara mengobati mata bengkak akibat gigitan serangga secara mandiri di rumah. Silahkan lakukan beberapa langkah di bawah ini.

  • Bersihkan mata yang bengkak secara perlahan dengan menggunakan air yang bersih.
  • Kompresi air hangat pada area mata yang terkena selama kira-kira 15 menit. Ini dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali setiap hari. Tidak diperlukan penekanan yang kuat saat pengompresan.
  • Jangan mengucek-ngucek mata apalagi menggunakan tangan yang kotor (belum dicuci).
  • Kurangi melihat objek yang terang semisal smartphone, televisi, atau monitor dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda boleh meminum obat anti alergi semisal CTM bila bengkak berukuran agak besar dan disertai gatal. Obat CTM ini bisa diminum sebanyak 3 kali dalam sehari masing-masing 1 tablet setiap minum untuk orang dewasa.
  • Penggunaan obat anti radang dan alergi tetes sebaiknya mengikuti saran dari dokter. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis obat yang mengandung kortikosteroid yang memang mempercepat berkurangnya bengkak, akan tetapi akan meningkatkan risiko infeksi jamur pada mata.
  • Pemakaian obat tetes mata yang berisi bahan vasokonstriktor bisa Anda lakukan untuk mengurangi pembengkakan dan mata merah. Contoh obat tetes mata ini adalah obat yang mengandung senyawa vasokonstriktor semisal tetrahydrozoline atau naphazoline.

Setelah menjalankan tips cara mengobati mata bengkak gigitan serangga maka jangan lupa melakukan evaluasi dan penilaian. Bila dalam 24 jam belum ada sama sekali perbaikan maka kami anjurkan untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter. Oleh karena ada beberapa alasan medis lain yang bisa menjadi penyebab mata bengkak dan membutuhkan tatalaksana yang serius. Semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here