Cara Menjadi YouTuber Pemula dan Cara Membuat Channel Youtube

0
128
Cara Menjadi YouTuber Pemula dan Cara Membuat Channel Youtube
Cara Menjadi YouTuber Pemula dan Cara Membuat Channel Youtube. Gambar: Markus Winkler dari Pixabay Free License

Tips bagaimana cara menjadi youtuber pemula dan teknik serta cara membuat channel youtube (kanal). Bagi Kamu yang ingin menjadikan youtube sebagai sumber penghasilan maka silahkan simak tips dan triknya di bawah ini.

Youtube saat ini sudah menjadi sumber penghasilan. Penghasilan yang didapat tidak puluhan atau ratusan ribu, melainkan bisa sampai ratusan juta. Oleh sebab itu, banyak orang-orang termasuk artis yang menjajal keuntungan di aplikasi ini.

Tips Cara Jadi Youtuber Pemula

Nah, bagi Kamu yang pemula dalam youtube, kami akan membagikan tips bagaimana cara menjadi youtuber pemula yang berpotensi tinggi. Berikut ini tips dan triknya.

1. Membuat Akun

Langkah awal cara menjadi youtuber pemula adalah tentunya membuat akun Youtube. Kamu harus punya akun sendiri yang namanya bisa dibuat sesuai dengan keinginan Kamu. Pastikan nama akun yang Kamu gunakan adalah sebuah nama yang unik dan menarik perhatian banyak calon penonton. Selain itu, nama akun juga harus mudah untuk diingat.

Setelah penentuan nama, Kamu harus mengaktifkan fitur monetization. Hal ini sangat berguna agar Youtube tahu bahwasanya Kamu mau mendapatkan kompensasi dari video-video yang akan Kamu unggah. Youtube nantinya akan membuat akun sesuai dengan kebijakan monetisasi.

Namun, bila Kamu tidak ingin mengambil keuntungan berupa uang dari video-video Kamu juga tidak masalah. Cukup jangan mengaktifkan fitur monetisasi ini.

Bilamana Kamu telah mengaktifkan fitur ini maka Kamu juga harus membuat akun google adsense nantinya. Pendapatan youtube saat ini masih bersumber dari google adsense.

2. Memilih Tema Konten

Cara menjadi youtuber pemula selanjutnya adalah menetapkan tema video-video yang akan Kamu unggah. Teman video sangat banyak dan beragam, mulai dari kehidupan sehari-hari (vlog), game, makanan, masak memasak, fashion, dan lain-lain.

Penentuan tema ini sebenarnya tidak kaku dan monoton. Kamu bebas membuat video menggunakan tema awal atau tema lainnya bilamana berubah di pertengahan jalan dunia peryoutubeanmu. Namun, yang paling penting adalah bagaimana kamu menghadirkan video-video yang menarik dan bermanfaat.

Kami menyarankan untuk memilih tema yang sesuai dengan pasion Kamu. Mengapa? Hal ini nantinya akan mempermudah ide dan cara pembuatan video Kamu. Video sesuai pasion tentunya akan lebih disukai dan lebih mudah mendapatkan ide-ide yang baru.

3. Persiapan Peralatan

Bagian ini sering menjadi alasan banyak orang untuk terjun ke dunia youtube. Banyak sekali yang beranggapan bahwa untuk menciptakan sebuah konten diperlukan alat-alat yang super canggih. Padahal untuk memulai bisa memanfaatkan alat-alat yang sederhana.

Mulailah membuat konten vlog kecil-kecilan menggunakan kamera ponsel yang dimiliki. Silahkan gunakan aplikasi edit video gratis yang banyak tersedia di playstore. Tentunya seorang ahli dalam dunia youtube dimulai dari youtuber pemula. Setelah mulai merasakan keuntungan dari video yang dibuat maka sebaiknya menjadikan keuntungan tersebut untuk modal yang lebih baik.

Sangat banyak youtuber sukses yang memulai kanalnya dengan video-video yang sangat sederhana. Asalkan video menarik dan tersampaikan tujuannya maka biasanya akan mengundang banyak penonton dan berpotensi viral.

4. Membuat Video

Silahkan membuat video secara sendiri atau bersama teman-teman. Jangan langsung berpikiran akan menyewa jasa kameramen, kecuali Kamu memiliki modal yang banyak. Dengan berkolaborasi dengan teman-teman, selain murah juga akan menambah banyak ide dan mempermudah proses pembuatan video.

5. Gunakan Media Sosial

Setelah membuat video yang menarik maka segera posting video tersebut di kanal Kamu dengan memperhatikan konsep postingan yang baik. Bagian ini akan kami ulasa secara tersendiri.

Setelah video Kamu terpublikasi maka silahkan share di media sosial yang Kamu punyai. Bila berpotensi viral maka video akan cepat ditonton oleh banyak orang karena disebarkan melalui media sosial. Bila Kamu memiliki akun media sosial dengan banyak follower maka tentunya hal ini akan sangat bermanfaat.

6. Naikkan Jumlah Subscriber

Silahkan ajak para penonton video Kamu untuk menjadi subscriber. Berikan respon yang baik pada pertanyaan dan pernyataan yang ada di kolom komentar. Sering-seringlah membangun komunikasi dengan para subscriber dan memperhatikan apa kebutuhan video yang mereka inginkan.

Jangan lupa juga memberikan hadiah berupa giveaway kepada para subscriber Kamu. Pemberian hadiah ini tentunya akan mempertahankan jumlah subscriber yang ada dan menambah yang baru karena tertarik dengan hadiah yang ditawarkan.

7. Update Video Secara Konsisten

Jika Kamu ingin menjadikan youtube sebagai sumber pendapatan maka Kamu harus konsisten untuk menerbitkan video-viseo menarik secara konsisten. Mengapa? Hal ini dikarenakan algoritme youtube akan merekomendasikan kepada para penonton tentang kanal mana yang update dan banyak penonton.

Selain itu, update video berkala ini akan menjaga jumlah subscriber yang dimiliki. Membuat jadwal posting video akan menjangkau para subscriber karena akan dimunculkan sebagai rekomendasi video yang bisa ditonton oleh para follower.

Baca juga: Twibbon Idul Fitri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here