Beranda Asam Lambung Penyakit Asam Lambung Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan Akibat Asam Lambung Secara Alami

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan Akibat Asam Lambung Secara Alami

0
1530
cara menghilangkan lendir di tenggorokan akibat asam lambung secara alami
Tips bagaimana cara mengurangi lendir pada tenggorokan yang disebabkan penyakit asam lambung

Pernahkah merasakan lendir pada tenggorokan yang harus Anda keluarkan karena sangat merasa tidak nyaman? Sebenarnya ada banyak penyebab adanya lendir tersebut, salah satunya akibat penyakit asam lambung naik. Khusus pada artikel ini kami akan berbagi informasi mengenai cara menghilangkan lendir di tenggorokan akibat asam lambung secara alami. Bilamana Anda merasakan hal demikian maka silahkan baca artikel ini.

Lendir yang ada akibat asam lambung naik umumnya tidaklah menimbulkan bahaya. Namun, Anda tetap harus paham tentang masalah ini untuk mengetahui cara mencegah dan mengobati nya dengan benar.

Apakah Lendir Tenggorokan Itu?

Lendir adalah cairan yang berasal dari membran mukosa tubuh. Dinding rongga mulut dan tenggorokan adalah membran mukosa tubuh juga. Oleh sebab itu, dinding rongga mulut dan tenggorokan ini dapat menghasilkan lendir juga.

Bukannya tidak memiliki fungsi, lendir berperan sebagai pelindung, penjaga kelembaban, dan memiliki kandungan antibodi serta enzim untuk melawan proses infeksi. Selain itu, lendir juga berguna menangkap debris, debu, asap, mikroorganisme, atau zat yang tetap lewat setelah proses penyaringan pada rongga hidung oleh bulu-bulu hidung. Hasil tangkapan ini biasanya akan berkumpul dan mengendap kemudian keluar dengan bantuan rambut silia dalam bentuk “upil”.

Pada suatu keadaan, produksi lendir dapat berlebihan sehingga terlalu banyak jumlahnya. Hal ini dapat menyebabkan rasa kurang nyaman pada sebagian orang. Bahkan sangkinkan banyaknya dapat timbul keadaan post nasal drip yaitu sensasi tetesan lendir yang terasa pada pangkal tenggorokan.

Penyebab Lendir Berlebihan Pada Tenggorokan

Seperti penjelasan sebelumnya, terkadang produksi lendir terlampau banyak sehingga menimbulkan gangguan. Beberapa penyebab produksi berlebihan ini antara lain:

  • Pilek,
  • Influenza,
  • Alergi, semisal alergi debu atau zat kimia lainnya seperti asap rokok, bahan pembersih, parfum, dan sebagainya,
  • Akibat perubahan cuaca dan iklim,
  • Terdapat benda asing pada rongga hidung atau tenggorokan, seperti anak-anak kemasukan biji jeruk pada rongga hidung,
  • Infeksi pada sinus dan saluran pernafasan,
  • Terlampau banyak makan makanan yang pedas,
  • Wanita dalam periode kehamilan,
  • Konsumsi jenis obat-obatan tertentu, atau pun
  • Penyakit asam lambung naik atau GERD (gastroesophageal reflux disease).

Lendir pada tenggorokan karena penyakit GERD ini biasanya karena penumpukan dan pengendapan cairan asam lambung. Anda harus paham bahwasanya GERD dapat menyebabkan kenaikan cairan asam lambung hingga sampai pada tenggorokan. Bilamana GERD sering kambuh maka akan semakin banyak penimbunan lendir terjadi.

Selain itu, lendir yang ada juga berasal dari iritasi atau infeksi pada bagian tenggorokan. Cairan asam lambung dengan pH yang asam dapat menyebabkan membran mukosa tenggorokan mengalami peradangan dan iritasi. Bilamana terjadi dalam jangka waktu yang lama maka dapat menyebabkan infeksi. Respon peradangan dan infeksi ini biasanya berupa produksi lendir yang banyak.

Artikel terkait: ciri ciri penyakit asam lambung naik

Tips Cara Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan Akibat Asam Lambung Secara Alami Ala Rumahan

Lantas bagaimana cara mengatasi lendir berlebihan yang keluar akibat penyakit GERD tadi? Nah, berikut ini beberapa cara rumahan yang bisa Anda coba, antara lain:

Konsumsi Air Putih Yang Cukup

Dengan minum air putih yang banyak maka pangkal tenggorokan akan terbilas. Semakin sering pembilasan terjadi maka semakin berkuranglah penumpukan lendir.

Selain itu, air putih akan membantu menetralkan kadar pH yang asam akibat keberadaan cairan asam lambung pada tenggorokan. Dengan begini maka proses iritasi yang merupakan awal proses infeksi pada dinding tenggorokan akan berkurang.

Namun jangan minum terlalu banyak. Kami rekomendasikan untuk minum dalam jumlah yang sedikit tetapi dengan frekuensi yang lebih sering. Mengapa? Oleh karena, teknik seperti ini akan mengurangi beban lambung sehingga mencegah kekambuhan GERD.

Berkumur Dengan Campuran Air Hangat Dan Garam

Larutan air garam ini akan bermanfaat sebagai anti infeksi. Kita tahu bahwasanya penyakit GERD yang sering kambuh akan menimbulkan luka pada pangkal tenggorokan. Luka atau iritasi ini terkadang sukar sembuh karena ini merupakan jalur masuk makanan. Nah, dengan rutin berkumur dengan larutan ini maka akan mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi yang berujung pada peningkatan produksi lendir.

Tidur Dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi Dari Perut

Tidur dalam posisi ini akan mengurangi kemungkinan penumpukan dan penggumpalan lendir pada tenggorokan. Selain itu, posisi ini juga akan mengurangi beban tekanan pada lambung. Kejadian refluks cairan isi lambung akan semakin berkurang sehingga tidak mengiritasi pangkal tenggorokan.

Hindari Minuman Bersoda Atau Berkarbonasi

Jenis minuman ini akan menghasilkan banyak gas CO2 pada rongga lambung. Kelebihan gas CO2 ini akan menyebabkan keadaan distensi atau peregangan pada lambung. Nah, pada keadaan ini tekanan rongga lambung meningkat sehingga katup (sfingter) lambung menjadi lemah. Bila terjadi refluks maka akan menimbulkan iritasi dan rentan infeksi pada pangkal tenggorokan.

Olahraga Teratur

Olahraga dengan posisi tertentu seperti prone position akan membantu mengurangi lendir berlebihan. Dalam posisi ini maka proses pengeluaran lendir akan semakin mudah terjadi oleh rambut silia tenggorokan. Penerapan posisi seperti ini banyak pada pasien COVID-19 dalam perawatan medis untuk membantu jalan nafas.

Jangan menerapkan olahraga yang meningkatkan tekanan pada perut. Olah raga seperti sit up, angkat beban, dan membungkuk yang berlebihan akan meningkatkan tekanan pada rongga lambung. Bila tekanan terlalu tinggi akan menyebabkan kelemahan pada sfingter sehingga dapat terjadi refluks.

Penerapan Gaya Hidup Sehat

Untuk mencegah keluarnya lendir secara berlebihan maka terapkan lah gaya hidup sehat. Hindari konsumsi kopi, teh, coklat, pepermint dan semua makanan yang dapat memperlemah kekuatan otot sfingter kerongkongan bagian bawah. Jauhi juga makanan yang asam dan pedas karena tidak hanya mengiritasi dinding membran mukosa tenggorokan tetapi juga menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan. Hentikan kebiasaan merokok karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Bacaan lainnya: Benarkah asam lambung naik jantung berdebar jadinya?

Nah, itu tadi beberapa cara menghilangkan lendir di tenggorokan akibat asam lambung secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Bila belum banyak terjadi perbaikan maka kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut.

Baca juga: obat herbal asam lambung naik ke tenggorokan

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here