Home Informasi Kehamilan Dosis dan Cara Minum Vitamin Kalsium Untuk Ibu Hamil

Dosis dan Cara Minum Vitamin Kalsium Untuk Ibu Hamil

0
13
Dosis dan Cara Minum Vitamin Kalsium Untuk Ibu Hamil
Dosis dan Cara Minum Vitamin Kalsium Untuk Ibu Hamil

Informasi Kehamilan – Masa kehamilan merupakan masa yang penting karena berkaitan dengan perkembangan janin di dalam rahim ibu hamil. Kebutuhan nutrisi menjadi hal yang utama agar kesehatan ibu hamil terjaga dan janin dapat tumbuh secara optimal.

Pengetahuan tentang Dosis dan Cara Minum Vitamin Kalsium Untuk Ibu Hamil menjadi hal penting karena mineral tersebut berdampak besar bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Baca Juga: Dosis dan Cara Minum Vitamin C Untuk Ibu Hamil

Mengenal Manfaat dan Kebutuhan Kalsium Bagi Ibu Hamil

Kalsium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan sepanjang hidup manusia, sejak masih dalam kandungan hingga usia dewasa dan lanjut usia. Kekurangan kalsium dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Ada beberapa masalah kesehatan yang dapat timbul karena kondisi tersebut, itulah alasan mengapa kebutuhan suplemen mineral dan Vitamin Ibu Hamil menjadi penting.

Karena alasan itulah kecukupan asupan Kalsium menjadi hal penting bagi ibu hamil. Ada beberapa manfaat penting yang bisa diperoleh ibu hamil dari kecukupan asupan Kalsium selama masa kehamilan. Kecukupan kalsium dalam mencegah beberapa risiko pada janin seperti lahir prematur, berat badan rendah hingga perkembangan janin yang lambat.

Sedangkan bagi ibu hamil, kecukupan kalsium dapat mencegah sering terjadinya kram otot, masalah jantung dan tekanan darah tinggi serta munculnya kesemutan atau mati rasa pada jari – jari.

Simak Juga : Dosis dan Cara Minum Vitamin B6 Untuk Ibu Hamil

Salah satu alasan mengapa kebutuhan kalsium harus diperhatikan adalah karena kalsium tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Artinya tubuh membutuhkan sumber kalsium dari luar untuk memenuhi kebutuhannya. Rata – rata kebutuhan kalsium untuk ibu hamil adalah 1.300 mg per hari.

Usia kehamilan yang lebih muda akan membutuhkan lebih banyak asupan kalsium. Angka tersebut merupakan perhitungan angka kecukupan gizi harian yang sebaiknya terpenuhi.

Akan tetapi, asupan kalsium juga tidak boleh berlebihan. Karena alasan inilah pengetahuan tentang Dosis dan Cara Minum Vitamin Kalsium Untuk Ibu Hamil menjadi pengetahuan yang sangat penting.

Seorang ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi kalsium lebih dari 2.500 mg per hari. Pengetahuan tentang dosis kebutuhan ini menjadi penting agar ibu hamil tidak mengkonsumsi kalsium secara berlebih.

Sedangkan cara konsumsi suplemen Kalsium yang bisa dilakukan adalah dengan tablet kalsium yang dikunyah ataupun diminum. Untuk tablet kalsium yang dikunyah, biasanya terdapat label “dikunyah” atau “chewable”.

Cara mengkonsumsi jenis tablet kalsium ini sebaiknya dilakukan bersamaan dengan aktivitas makan. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengunyah tablet, kemudian dilanjutkan dengan minum air putih.

Sedangkan tablet yang diminum sebaiknya ditelan dengan menggunakan bantuan air putih.
Pastikan untuk mengkonsumsi tablet kalsium dengan dosis yang sesuai anjuran untuk menghindari konsumsi kalsium berlebih di masa kehamilan.

Kelebihan kalsium dapat memicu terbentuknya batu ginjal serta mengganggu penyerapan zat besi dan zinc. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pemahaman tentang Dosis dan Cara Minum Vitamin Kalsium Untuk Ibu Hamil menjadi sangat penting. (SA)

Baca Juga : Vitamin Ibu Hamil Trimester 3

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here