Home Puskesmas KAK Kegiatan Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat

KAK Kegiatan Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat

0
188
Contoh Dokumen KAK Kegiatan Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat
Contoh Format KAK Kegiatan Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat
KAK Kegiatan Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat – Berikut ini adalah contoh kerangka acuan kegiatan pemberdayaan masyarakat di puskesmas untuk akreditasi puskesmas.
DAPATKAN DOKUMEN AKREDITASI PUSKESMAS VERSI 5 BAB 2023 LENGKAP : FILE SK, PEDOMAN, PANDUAN, KAK, SOP, & TELUSUR YANG SUDAH TERSUSUN RAPI SETIAP EP (ELEMEN PENILAIAN), HUBUNGI WA : 081269397431

Contoh KAK Kegiatan Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat

SOP Puskesmas
KERANGKA ACUAN
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DI PUSKESMAS ADIWERNA
I. PENDAHULUAN
Pemberdayaan masyarakat adalah segala upaya fasilitasi yang bersifat persuasif dan tidak memerintah (non instruktif) guna meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku dan kemampuan masyarakat agar mampu mengidentifikasi masalah, mengambil keputusan, merencanakan dan melakukan pemecahan masalah, menumbuhkembangkan potensi individu, keluarga dan masyarakat dengan mendorong kontribusi mengatasi masalah kesehatan, mengembangkan kegiatan gotong royong serta mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak.
Demi mewujudkan masyarakat yang berdaya diperlakukan strategi-strategi yang tepat dalam melaksanakan hal tersebut, misalnya memperkuat daya saing,melindungi masyarakat agar tidak menjadi bertambah lemah. Strategi pemberdayaan masyarakat lainnya dapat berupa program-program pembangunan seperti program pembangunan desa.
Baca Juga : SOP Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat, Kelompok Masyarakat, Keluarga dan Individu yang Merupakan Sasaran Pelayanan UKM
II. TUJUAN
Meningkatkan kesadaran, kemauan, kemampuan individu, keluarga dan masyarakat (secara sistematis) untuk :
  1. Mempunyai daya atau kekuatan sehingga mampu bertahan kemudian mampu mengembangkan diri dan akhirnya mampu mandiri
  2. Memberikan kesempatan dan kemauan serta kemampuan bersuara
  3. Mempunyai kemampuan dan hak untuk memilih
III. SASARAN
Sasaran pemberdayaan masyarakat adalah seluruh masyarakat di wilayah Puskesmas Adiwerna.
Simak Juga : Contoh Rencana Strategis Puskesmas
IV. PELAKSANA
Pelaksana pemberdayaan masyarakat adalah penanggung jawab program
V. METODE
Metode pemberdayaan masyarakat ini adalah dengan memfasilitasi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pebangunan kesehatan di desa.
VI. PENUTUP
Demikian kerangka acuan pemberdayaan masyarakat untuk menjadi pedoman teknis di Puskesmas Adiwerna. Pemberdayaan masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik apabila memperoleh dukungan dari berbagai pihak baik lintas program, lintas sektor maupun dari Kepala Puskesmas. Oleh sebab itu perlu adanya kerjasama yang baik dengan lintas program maupun lintas sektor.
Ditetapkan di Adiwerna
Pada tanggal :  Januari 2023
Kepala Puskesmas Adiwerna
dr. ABCD
NIP.19740000 200000 1 000
DAPATKAN DOKUMEN AKREDITASI PUSKESMAS VERSI 5 BAB 2023 LENGKAP : FILE SK, PEDOMAN, PANDUAN, KAK, SOP, & TELUSUR YANG SUDAH TERSUSUN RAPI SETIAP EP (ELEMEN PENILAIAN), HUBUNGI WA : 081269397431
Baca Juga : SK Tentang Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat, Kelompok Masyarakat, Keluarga dan Individu Yang Merupakan Sasaran Pelayanan UKM
Nah, itu tadi contoh dokumen KAK Kegiatan Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat yang diperlukan dalam penilaian akreditasi puskesmas. Semoga bermanfaat.