Kode ICD 10 PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik)

kode icd 10 ppok penyakit paru obstruktif kronik
Daftar rincian kode diagnosa icd 10 ppok penyakit paru obstruktif kronik

Pada artikel kali ini kami akan berbagi tentang kode ICD 10 PPOK. Yuk bagi yang belum tau atau lupa kode nya mari kita simak di bawah ini.

Nomer Kode ICD 10 PPOK

Sebagaimana biasanya, sebelum kami menyampaikan kode nya maka kami akan berbagi informasi singkat mengenai penyakit ini. Hal ini kami lakukan agar para koder sekalian mengerti dan memahami penyakit ini secara garis besar.

Pengertian Penyakit PPOK

PPOK adalah singkatan dari penyakit paru obstruktif kronis. Ini adalah suatu keadaan dimana terjadi peradangan paru-paru yang berkembang dalam waktu yang lama. Oleh sebab proses peradangan yang berkelanjutan dan lendir yang dihasilkan ini maka akan terjadi hambatan bagi aliran udara. Pasien akan mengalami gejala sesak bernafas.

Pada umumnya individu yang menderita PPOK ini ialah orang yang memiliki umur paruh baya dan memiliki kebiasaan merokok. Pasien penyakit ini juga akan mempunyai risiko menderita penyakit jantung dan kanker paru-paru.

Tanda dan Gejala Penyakit PPOK

Dilihat dari bagian organ paru yang terkena kerusakan, maka penyakit ini dikelompokkan menjadi 2, antara lain bronkitis kronis (kerusakan pada saluran bronkus) dan emfisema (kerusakan terjadi pada alveolus). Dua kelompok ini akan dan telah berkembang perlahan-lahan.

Kedua penyakit ini jarang memunculkan gejala yang khas di awal perkembangan penyakit. Penyakit PPOK baru akan bergejala bila telah terjadi kerusakan yang signifikan pada organ paru. Biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Namun, ada beberapa gejala yang berhubungan dengan penyakit PPOK ini. Gejala dan tanda tersebut antara lain:

• Batuk berdahak yang sulit sembuh.
  • Sesak nafas khususnya ketika beraktivitas fisik.
  • Nafas mengeluarkan suara mengi (menciut).
  • Nyeri pada dada.
  • Mudah merasakan lemas.
  • Berat badan turun.
  • Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki.
  • Bibir atau kuku dapat mengalami sianosis (berubah warna menjadi kebiruan).

Faktor Risiko PPOK

Ada bermacam kondisi yang membuat seseorang rentan menderita penyakit paru obstruktif kronik ini. Keadaan-keadaa tersebut antara lain:

• Kebiasaan merokok (perokok aktif) atau sering terpapar pajanan rokok (perokok pasif).
  • Polusi udara (terkena paparan asam kendaraan, asap hasil pembakaran termasuk dapur, dan lain-lain).
  • Berumur di atas 40 tahun.
  • Riwayat mengidap penyakit asma.
  • Mempunyai riwayat keluarga yang juga menderita PPOK

Kode Diagnosis Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Berikut ini kode ICD 10 penyakit paru obstruktif kronik yang sering dipakai untuk menunjukkan diagnosis PPOK. Kode nya yaitu:

• J44 Other chronic obstructive pulmonary disease: penyakit paru obstruktif kronis.
  • J44.0 Chronic obstructive pulmonary disease with (acute) lower respiratory infection: dengan infeksi saluran pernafasan bawah akut.
  • J44.1 Chronic obstructive pulmonary disease with (acute) exacerbation: dengan eksaserbasi akut.
  • J44.9 Chronic obstructive pulmonary disease, unspecified: tidak spesifik.

Nah, itu tadi kode ICD 10 PPOK. Bila Anda membutuhkan kode ICD 10 yang lengkap silahkan baca di sini. Semoga bermanfaat.

• Sumber:

1 KOMENTAR