Kode ICD 10 Serumen Prop Telinga

1
3763
Kode icd 10 serumen prop telinga
Rincian kode diagnosis serumen prop telinga menurut ICD 10 coding

Koder banyak yang bertanya tentang berapakah kode ICD 10 serumen prop telinga. Nah, pada artikel kali ini redaksi akan menyampaikan mengenai kode diagnosis Pcare BPJS Kesehatan atau di RS bagi kondisi medis yang disebut dengan serumen prop telinga. Mudah-mudahan artikel ini membantu para koder sekalian.

Diagnosis ini cukup banyak dijumpai dan dibuat sebagai diagnosis oleh dokter. Tentunya akan sangat menyulitkan bila kasus lumayan cukup banyak tetapi tidak mengetahui berapa kode nya. Yuk sama-sama kita lihat.

Baca juga: Kode ICD 10 THT Lengkap

Kode ICD 10 Serumen Prop

Sebelum kita sampaikan kode nya, kami akan menjelaskan secara singkat tentang apa sebenarnya serumen prop telinga itu. Pemahaman ini cukup penting agar para koder bisa menyesuaikan kondisi pasien dengan diagnosis yang dibuat. Pemahaman ini dapat menjadi evaluasi para tenaga medis bila terdapat kesalahan dalam penulisan diagnosis.

Pengertian dan Definisi
Serumen kerap diidentikkan sebagai kotoran telinga oleh orang awam. Padahal sebenarnya ini bukanlah kotoran. Ini adalah minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak yang terdapat di saluran liang telinga. Minyak ini berfungsi untuk memberikan perlindungan dan kebersihan liang telinga dari kuman, debu, dan benda-benda asing bagi telinga. Keberadaan nya di saluran telinga akan menghambat kebanyakan pertumbuhan bakteri.

Bila minyak di saluran telinga ini menumpuk maka akan terjadi pengerasan. Penumpukan dan pengerasan inilah yang disebut dengan serumen prop. Serumen prop ini dapat memberikan hambatan bagi saluran telinga sehingga mengganggu fungsi pendengaran dan pembersihan liang telinga.

Penyebab

Ada berbagai macam kondisi yang dapat menyebabkan timbulkan serumen prop. Keadaan tersebut antara lain:

  • Kotoran telinga dihasilkan dalam jumlah yang berlebihan.
  • Kotoran telinga mudah mengerasa dan mengering.
  • Terlalu sering memasukkan benda-benda ke dalam liang telinga, misalnya ear plug, cotton bud, atau pun alat bantu dengar.
  • Penyakit infeksi telinga, atau
  • Kelainan struktur liang telinga, misalnya saluran telinga yang sempit.

Pengobatan
Pengobatan serumen prop cukup mudah yaitu melakukan pembersihan liang telinga dan mengeluarkan serumen yang menumpuk dan mengeras dari saluran telinga. Bila Anda tidak mahir melakukan pembersihan telinga (dan memang tidak disarankan dilakukan diri sendiri) sebaiknya meminta pertolongan dokter atau tenaga medis. Dokter biasanya meneteskan hidrogen peroksida, minyak mineral, gliserin, atau karbamid peroksida bila serumen pro terlalu keras sebelum mengeluarkannya.

Kode Diagnosis Pcare BPJS Kesehatan Untuk Serumen Prop Telinga dari ICD 10

Kondisi medis serumen prop telinga ini memiliki kode adalah H61.2. Kode diagnosis ini dapat menjadi lebih spesifik tergantung kepada letak serumen prop nya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat perinciannya di bawah ini:

  • H61.2 Serumen prop (Impacted cerumen)
  • H61.20 Serumen prop pada telinga tidak spesifik
  • H61.21 Serumen prop pada telinga kanan
  • H61.22 Serumen prop pada telinga kiri
  • H61.23 Serumen prop pada kedua telinga.

Nah, itu tadi kode diagnosis ICD 10 untuk penyakit serumen prop nya. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para koder sekalian. Simak kode ICD 10 THT lainnya di blog ini.

Baca penyakit THT lainnya: Kode ICD 10 Sakit Telinga

  • Sumber:
    • who.int
    • ICD10 Data
    • drzuhdy.com

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here