Kode ICD 10 Benda Asing Di Telinga

0
611
kode ICD 10 benda asing di telinga
Kode diagnosis benda asing di telinga

Pada artikel ini kami akan berbagi daftar rincian kode ICD 10 benda asing di telinga. Ini merupakan bagian dari diagnosis kode ICD 10 THT. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para koder sekalian.

Nomer Kode ICD 10 Benda Asing di Telinga

Seperti biasa, sebelum kita memasuki penjabaran kode, kami ingin mengajak para pembaca untuk menyegarkan pengetahuan tentang kondisi medis benda asing di liang telinga.

Pengertian

Benda asing di telinga adalah benda yang asalnya dari luar tubuh yang pada kondisi normalnya tidak ada pada telinga. Ini merupakan problema kesehatan yang sering diketemukan oleh dokter THT, dokter anak, dan dokter umum di unit gawat darurat atau fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) primer.

Benda asing yang diktemukan di telinga bisa sangat beragam, mulai dari benda mati hingga benda hidup. Kasus ini sering terjadi pada telinga luar. Bila tidak dilakukan manajemen terapi yang baik maka dapat menimbulkan beragam komplikasi yang berbahaya seperti kerusakan gendang telinga (perforasi membran timpani), gangguan pendengaran, dan oedema pada liang telinga.

Penyebab

Benda asing yang masuk ke liang telinga bisa berupa benda mati (organik ataupun nonorganik) atau benda hidup. Pada pasien anak seringkali dijumpai kacang hijau, manik-manik, mainan, karet penghapus, dan benda-benda lainnya. Pada orang dewasa yang paling sering adalah kapas cotton bud dan pentol korek api. Serangga berukuran kecil seperti kecoa atau semut dapat menjadi benda asing baik pada orang dewasa ataupun anak-anak.

Gejala

Pasien remaja dan dewasa biasanya dapat mengatakan kepada dokter bahwa ada sesuatu di liang telinga nya. Biasanya yang dikeluhkan adalah rasa tidak nyaman pada telinga dan gangguan pendengaran. Pada kasus yang jarang, keberadaan serangga pada liang telinga dapat merangsang gejala mual dan muntah. Namun, pasien anak mungkin mengetahui adanya benda asing di telinga setelah keberadaannya memunculkan beberapa gejala dan tanda. Yang paling umum adalah sakit pada telinga atau telinga mengeluarkan air.

Kode ICD 10 Corpus Alienum di Telinga

Diagnosis in EnglishDiagnosis dalam Bahasa Indonesia
Foreign body in earT16Benda asing di telinga
Foreign body in right earT16.1Benda asing di telinga kanan
Foreign body in right ear initial   encounterT16.1XXABenda asing di telinga kanan kasus awal
Foreign body in right ear subsequent   encounterT16.1XXDBenda asing di telinga kanan kasus lanjutan
Foreign body in right ear sequelaT16.1XXSBenda asing di telinga kanan kasus sekuele
Foreign body in left earT16.2Benda asing di telinga kiri
Foreign body in left ear initial   encounterT16.2XXABenda asing di telinga kiri pertemuan awal
Foreign body in left ear subsequent   encounterT16.2XXDBenda asing di telinga kiri pertemuan lanjutan
Foreign body in left ear sequelaT16.2XXSBenda asing di telinga kiri kasus sekuele
Foreign body in ear, unspecified earT16.9Benda asing di telinga, telinga tidak spesifik
Foreign body in ear, unspecified ear   initial encounterT16.9XXABenda asing di telinga, telinga tidak spesifik kasus awal
Foreign body in ear, unspecified ear   subsequent encounterT16.9XXD Benda asing di telinga, telinga   tidak spesifik kasus lanjutan
Foreign body in ear, unspecified ear   sequelaT16.9XXSBenda asing di telinga, telinga tidak spesifik kasus sekuele

Nah, itu tadi rincian kode diagnosis benda asing di telinga nya. Kode bergantung atas telinga mana yang terkena dan jenis kasus apakah kasus awal, lanjutan, atau sekuele penyakit. Mudah-mudahan bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here