Kode ICD 10 Sakit Telinga

2
1492
kode icd 10 nyeri telinga

Salam semangat para koder Indonesia. Pada kategori ICD X ini kami akan berbagi tentang kode ICD 10 sakit telinga. Ini termasuk kode yang sering dibuat diagnosisnya oleh dokter. Yuk sama-sama cek pengkodeannya.

Perlu Anda ketahui bahwasanya penulisan diagnosis di status pasien atau lembar kesimpulan bukanlah sakit telinga. Penulisannya menggunakan bahasa latin yaitu otalgia.

Baca juga: Kode ICD 10 THT Terlengkap

Nomer Kode ICD 10 Nyeri Telinga (Otalgia)

Sebelum kita membahas apa kodenya, akan kami bagikan informasi singkat tentang penyakit ini. Pengetahuan akan hal ini juga dapat bermanfaat bagi pengetahuan kesehatan para koder sekalian.

Sakit telinga adalah pertanda bermacam masalah kesehatan. Yang paling sering adalah infeksi telinga itu sendiri. Infeksi dapat terjadi pada bagian luar, tengah, ataupun dalam.

Penyebab Sakit Telinga

Beberapa penyebab munculnya sakit telinga antara lain:
Infeksi Telinga
Infeksi yang sering mengenai telinga adalah infeksi telinga luar (otitis eksterna) dan telinga tengah (otitis media). Infeksi telinga luar biasanya berupa peradangan pada saluran telinga yang seringkali menunjukkan gejala sakit telinga (nyeri tekan bagian tragus), nyeri tekan periaurikula/ di sekitar telinga dan nyeri saat mengunyah makanan.

Infeksi telinga tengah biasanya menyebabkan pembengkakan pada saluran tuba eustachius sehingga mengakibatkan penumpukan cairan dari peradangan, produksi lendir, dan proses infeksi. Pada penyakit yang tidak diobati dengan baik maka cairan menyerupai nanah akan keluar dari telinga. Infeksi ini seringkali dialami anak-anak yang berusia di bawah umur 10 tahun.

Tinitus
Tinitus adalah suatu kondisi dimana seseorang mendengar suara mendenging di dalam telinganya, akan tetapi sumber suara tidak dari luar tubuh. Gejala ini sering muncul saat seseorang mengalami masalah di telinga tengah atau dalam. Infeksi telinga tengah seperti yang telah dijelaskan di atas juga dapat menyebabkan terjadinya tinitus. Namun begitu, penyebab pasti dari suara dan proses nya masih belum diketahui.

Penyakit Meniere
Penyakit ini biasanya terjadi bilamana terdapat abnormalitas cairan di dalam telinga. Biasanya penderitanya mengalami sakit telinga, vertigo (pusing berputar) dan tinitus secara tiba-tiba. Vertigo dan tinitus adalah gejala dan tanda utama penyakit Meniere ini.

Barotrauma
Ini adalah suatu kondisi dimana terjadi cedera telinga sebagai akibat dari perubahan tekanan udara ataupun air. Biasanya keadaan ini dialami oleh pendaki gunung, Orang yang naik pesawat, atau penyelam pada kedalaman tertentu. Penderita akan mengalami gejala yang paling sering yaitu kehilangan pendengaran, perasaan buntu pada telinga, sakit telinga, atau nyeri kepala.

Kode ICD 10 Nyeri Telinga

Nah, sebenarnya dengan mengetahui informasi singkat di atas kita semakin mudah untuk mencari nomor ICD 10 sakit telinga nya. Ini rinciannya berdasarkan ICD10Data:

  • H92.0 : Otalgia : Nyeri telinga
  • H92.01 : Otalgia right ear : Nyeri telinga kanan
  • H92.02 : Otalgia left ear : Nyeri telinga kiri
  • H92.03 : Otalgia bilateral : Nyeri kedua telinga
  • H92.09 : Otalgia unspecified ear : Nyeri telinga tidak spesifik

Simak juga: Kode ICD 10 Otomikosis

Nah, itu tadi beberapa kode berdasarkan telinga mana yang terkena. Bila Anda mendapati diagnosis dokter seperti sakit telinga, maka silahkan masukkan salah satu kode di atas tergantung bagian telinga mana yang terkena. Semoga bermanfaat.

Baca juga kode penyakit THT lainnya: Kode ICD 10 Serumen Prop

Sumber:
Kode ICD 10 THT Lengkap
who.int
ICD10Data

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here