Kode ICD 10 Parotitis

kode icd 10 parotitis

Nomor Kode ICD 10 Parotitis – Hai, para koder sekalian. Kali ini kita akan membagikan rincian kode diagnosis ICD 10 penyakit parotitis. Penyakit yang sering dituliskan diagnosa nya oleh dokter di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Namun, cukup banyak juga diiringi oleh komplikasi sehingga harus lebih dirincikan lagi berapa nomor kodenya.

List Kode ICD 10 Parotitis

Seperti biasa, sebelum kita melanjutkan pembahasan ada baiknya kita mengenal apa itu penyakit parotitis. Hal ini juga bermanfaat bagi para koder untuk melakukan klarifikasi keterkaitan gejala dan tanda penyakit dengan diagnosis penyakit yang dibuat oleh dokter penanggung jawab pasien (DPJP).

Pengertian dan Definisi

Penyakit parotitis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus sehingga menimbulkan pembengkakan pada area kelenjar parotis (kelenjar air liur di dalam mulut) di area wajah. Selain bengkak, banyak pasien juga mengeluhkan nyeri pada daerah yang bengkak tersebut.

Biasanya penyakit parotitis ini bisa menginfeksi semua kelompok usia. Namun, kasus yang paling banyak adalah pada kelompok umur 5-14 tahun. Jarang sekali terjadi pada bayi yang berumur di bawah 1 tahun.

Gejala Parotitis

Penyakit parotitis muncul dengan gejala berupa demam yang bisa mencapai suhu 39,4 derajat celsius. Setelah itu, biasanya bengkak akan terjadi di kelenjar ludah dalam waktu berhari-hari selanjutnya. Pembangkakan akan membesar secara bertahap diiringi dengan nyeri di sekitar kelenjar air liur dalam waktu 1 sampai 3 hari. Nyeri pada kelenjar parotis ini akan semakin dirasakan saat proses menelan, mengunyah, dan berbicara.

Selain itu, terdapat juga tanda dan gejala parotitis lainnya, yaitu:

• Seluruh badan terasa nyeri.
  • Sakit pada kepala.
  • Nafsu makan menurun.
  • Rongga mulut menjadi kering.
  • Nyeri pada area perut.
  • Kelelahan.

Komplikasi Akibat Penyakit Parotitis

Komplikasi pada parotitis dapat terjadi, akan tetapi kasus nya sangat jarang. Berbagai macam komplikasi yang mungkin terjadi antara lain:

• Orchitis, yaitu penyakit radang pada organ testis
  • Meningitis, yaitu penyakit radang pada selaput pembungkus otak dan sarat tulang belakang.
  • Ensefalitis, ialah penyakit radang pada parenkim otak.
  • Pankreatitis, adalah penyakit radang pada organ pankreas.
  • Munculnya gangguan pendengaran.
  • Keguguran pada wanita yang sedang hamil.

Pengobatan Parotitis

Tidak ada pengkhususan obat pada penyakit parotitis ini. Parotitis adalah penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu paling lama 2 minggu asalkan daya tahan tubuh pasien baik. Oleh karena itu, manajemen terapi penyakit ini difokuskan kepada mengatasi berbagai keluhan dan gejala penyerta yang menimbulkan gangguan pada kualitas hidup pasien.

Pemberian obat-obatan pereda demam semisal parasetamol dapat dilakukan bila pasien menderita demam yang tinggi. Hati-hati pemberian obat demam seperti aspirin pada anak yang sedang menderita parotitis! Mengapa? Oleh karena obat ini dapat menimbulkan sindrom Reye yang bisa menyebabkan kerusakan pada organ hati hingga kematian.

Pasien juga harus diberikan istirahat yang cukup untuk membangun daya imunitasnya. Dianjurkan juga untuk konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup untuk menghindari dehidrasi akibat demam yang tinggi. Berikanlah makanan yang lunak sehingga mudah ditelan dan tidak perlu dikunyah. Hindari makanan yang bersifat asam karena dapat memicu nyeri pada kelenjar parotis. Bisa juga memberikan kompres air hangat atau dingin pada area yang bengkak untuk meredakan nyeri yang dirasakan.

Kode Diagnosis Pcare BPJS Kesehatan Untuk Parotitis dari ICD 10

Di bawah ini rincian kode diagnosa penyakit parotitis berdasarkan data ICD 10 CM Codes. Silahkan sesuaikan penentuan kode berdasarkan diagnosis yang ditulis oleh DPJP.

• B26 Mumps atau parotitis
    • B26.0 Mumps orchitis (orkitis akibat parotitis)
    • B26.1 Mumps meningitis (meningitis akibat parotitis)
    • B26.2 Mumps encephalitis (ensefalitis akibat parotitis)
    • B26.3 Mumps pancreatitis (pankreatitis akibat parotitis)
    • B26.8 Mumps with other complications (parotitis dengan komplikasi lainnya)
      • B26.81 Mumps hepatitis (hepatitis akibat parotitis)
      • B26.82 Mumps myocarditis (miokarditis akibat parotitis)
      • B26.83 Mumps nephritis (nefritis akibat parotitis)
      • B26.84 Mumps polyneuropathy (polineuropati akibat parotitis)
      • B26.85 Mumps arthritis (artritis akibat parotitis)
      • B26.89 Other mumps complications (komplikasi parotitis lainnya)
    • B26.9 Mumps without complication (parotitis tanpa komplikasi)

Nah, itu tadi rincian kode ICD X untuk penyakit parotitis. Semoga bermanfaat untuk para koder sekalian di era JKN ini.