Mata Mengantuk Tapi Tidak Bisa Tidur, Apa Penyebabnya?

0
225
mata mengantuk tapi tidak bisa tidur
Susah Tidur? Kenali Penyebabnya!

Pernahkah Anda merasakan mata mengantuk tapi tidak bisa tidur saat itu juga? Kondisi ini sangat menganggu. Apalagi bila keesokan harinya memiliki jadwal yang padat sehingga harus bangun di awal pagi.

Tidur di malam hari adalah suatu waktu khusus untuk mengisi ulang energi tubuh. Tubuh beristirahat untuk membuang semua hasil pembakaran dan sisa metabolisme. Namun, sangat disayangkan bila harus menghadapi situasi tidak bisa tidur hingga larut malam. Anda harus memahami penyebab dari hal ini agar dapat melakukan usaha pencegahan.

Mata Mengantuk Tapi Tidak Bisa Tidur Merupakan Pertanda Tubuh Lelah

Mata dan tubuh dapat merasakan kantuk sebagai akibat lelahnya tubuh setelah menjalani berbagai aktivitas fisik dan psikis sehari-hari. Tubuh yang lelah dan letih ini bisa saja tidak didukung kondisi dimana fisik dan pikiran tidak siap untuk tidur.

Tubuh yang lelah biasanya memunculkan tanda dan gejala seperti ini:

  • Mata terasa berat untuk dibuka atau gatal,
  • Badan dirasakan pegal-pegal,
  • Sering menguap,
  • Tubuh terasa lemas dan kurang bertenaga, dan
  • Sering muncul kantuk.

Namun, ketika Anda memejamkan mata maka tidak juga kunjung tertidur. Nah inilah kondisi tersebut dimana pikiran dan tubuh Anda belum siap tidur.

Penyebab Tidak Kunjung Tidur Walau Mata Terasa Kantuk

Aktivitas Pikiran Yang Masih Tinggi Menjelang Tidur
Walaupun tanda-tanda kelelahan dirasakan, akan tetapi bila pikiran masih terlalu aktif maka ini dapat mengganggu atau mencegah seseorang tidur. Bisa saja terpikir tentang masa lalu, tujuan hidup, ujian esok hari, atau bahkan hal-hal yang tidak berguna sama sekali di kehidupan.

Apapun itu, hal tersebut dapat mengganggu usaha untuk memulai tidur. Bila keadaan ini sudah mencapai pada kondisi stres maka akan sangat sulit memulai tidur atau memperoleh tidur yang berkualitas baik. Bisa-bisa membutuhkan obat untuk mendapatkan tidur dengan kualitas baik.

Pemakaian Ponsel Cerdas di Malam Hari
Telepon pintar memiliki radiasi sinar biru (blue light) dari layarnya. Sinar jenis ini dapat menganggu usaha memulai tidur karena sinar ini hampir mirip dengan sinar matahari di siang hari. Layaknya sinar matahari maka sinar biru ini juga berpengaruh kepada irama sirkadian tubuh. Sinar ini akan menghambat proses produksi hormon melatonin pada tubuh. Kekurangan hormon ini akan membuat seseorang sulit untuk tidur.

Melakukan Aktivitas Berat Menjelang Tidur
Olahraga memang merupakan salah satu usaha pengobatan pada mereka yang mengalami insomnia. Namun, bila dilakukan sangat dekat waktunya dengan jam tidur justru ini akan memundurkan jam tidur. Aktivitas fisik berlebihan akan menaikkan energi dari hasil pembakaran di dalam tubuh. Peningkatan jumlah energi yang pesat ini justru akan membuat kesulitan untuk tidur.

Nah, itu tadi beberapa hal yang menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur walaupun saat sudah merasakan kantuk. Baca juga info terkait di bawah ini:
> Penyebab sering mengantuk setelah makan

Sumber:
https://www.sleepio.com/articles/cant-sleep/tired-but-cant-sleep
https://www.theinsomniaclinic.co.uk/blog/tired-but-cant-fall-asleep

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here