Home Info Kesehatan Kesehatan Umum Apakah Ada Cara Memijat Perut Agar Haid Lancar ?

Apakah Ada Cara Memijat Perut Agar Haid Lancar ?

0
393
Apakah Ada Cara Memijat Perut Agar Haid Lancar
Ilustrasi Pemijatan. Sumber Gambar: Pixabay.com

Artikel ini akan menjawab pertanyaan dari pembaca mengenai apakah ada cara memijat perut agar haid lancar pada seorang wanita. Bagi Anda yang memiliki pertanyaan yang sejenis silahkan simak jawabannya berikut ini. Semoga bermanfaat.

Pertanyaan Seputar Cara Memijat Perut Agar Haid Menjadi Lancar

Pertanyaan

Salam Dok, perkenalkan saya Siska. Saya mau bertanya bahwa semalam saya habis urut pada seluruh bagian tubuh termasuk perut. Saya minta urut karena saya sering mengalami haid yang tidak lancar. Oleh sebab itu, bagian perut saya diurut juga. Setelah itu, besok paginya saya mengalami haid. Nah, yang ingin saya tanyakan adalah apakah mengurut perut untuk melancarkan haid itu benar dan boleh, Dok?

Jawaban

Terima kasih kepada Ibu Siska yang telah melayangkan pertanyaannya kepada redaksi kami. Kami akan mencoba menjawab berdasarkan kelimuan medis saat ini.

Sampai saat ini, studi dan penelitian tentang manfaat dan efek samping dari pijat tubuh untuk kesehatan sangat terbatas. Perlu untuk Ibu ketahui bahwasanya di dalam rongga perut manusia terdapat bermacam-macam organ. Beberapa diantaranya yaitu:

  • organ dalam sistem pencernaan, semisal lambung, usus halus, usus besar, dan usus buntu.
  • organ dalam sistem reproduksi, seperti uterus atau rahim, tuba falopii, ovarium (kandung telur).
  • organ lainnya, semisal hati atau liver, empedu, dan pankreas.
  • bagian pendukung lainnya semisal lemak, otot, kulit, pembuluh darah, dan lain-lain.

Susunan anatomi perut berbeda dengan organ di bagian tubuh yang lain. Rongga perut ini tidak terlindung oleh tulang yang sifatnya keras. Ini hanya mendapat perlindungan dari otot-otot perut yang sebagian besar tipis pada kebanyakan orang.

Oleh sebab itu, kami memberikan saran untuk tidak melakukan pijatan yang berlebihan pada area perut. Apalagi yang mengurut adalah orang yang tidak profesional dan paham akan anatomi perut. Jika tetap berlangsung, hal ini bisa menimbulkan kemungkinan cedera pada organ-organ dalam yang telah dirincikan di atas.

Menstruasi atau haid adalah suatu keadaan yang mana darah keluar dari rahim karena proses pembuahan atau pertemuan antara sel sperma dan sel telur tidak terjadi. Rahim adalah organ yang berlokasi di bagian belakang kandung kemih. Oleh sebab itu, pijatan perut dengan tujuan untuk melancarkan haid akan kurang bermanfaat dari sisi medis karena letak rahim tidak dalam jangkauan.

Keterlambatan atau ketidaklancaran haid bisa karena berbagai macam hal. Beberapa diantaranya adalah faktor stres dan hormonal. Oleh sebab itu, jangan terlalu cepat menyimpulkan bahwasanya haid yang keluar adalah karena bantuan pemijatan. Silahkan konsultasikan dengan dokter (anamnesis dan pemeriksaan fisik) secara langsung perihal masalah tidak lancarnya haid yang Anda alami.

Simak juga: Cara mempercepat haid selesai

Keadaan ini tidak hanya untuk wanita yang dalam kondisi menstruasi saja, akan tetapi bagi yang tidak dalam keadaan haid. Bilamana Anda merasakan hal yang kurang nyaman pada area perut Anda maka silahkan kompres dengan air hangat ataupun mengoleskan minyak penghangat pada area yang sakit. Bila tidak ada perubahan maka silahkan konsultasikan secara langsung ke dokter.

Nah, itu tadi penjelasan tentang apakah ada cara memijat perut agar haid lancar. Kami menyampaikan jawaban berdasarkan informasi medis saat ini. Silahkan Anda pertimbangkan. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Memijat Perut Agar Lancar BAB

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here