Contoh Sayur Yang Bisa Melancarkan Buang Air Besar

0
25
sayur yang bisa melancarkan buang air besar
Bayam - sayuran yang bisa melancarkan buang air besar

Sayuran dan buahan kerap menjadi rekomendasi makanan untuk pelancar buang air besar (BAB). Nah, pada artikel ini kami khusus akan membahas tentang contoh sayur yang bisa melancarkan buang air besar sehingga terhindar dari penyakit sembelit.

Rekomendasi Sayur Yang Bisa Melancarkan Buang Air Besar

Sayuran termasuk makanan yang bisa mencegah penyakit sembelit. Contoh sayuran tersebut antara lain:

1. Bayam dan Sayuran Hijau

Sayuran hijau semisal bayam, kangkung, daun ubi, kubis, brokoli adalah jenis makanan yang kaya akan serat. Selain itu, sayuran hijau juga banyak mengandung vitamin C, K, dan asam folat. Sayuran ini akan membantu menambah jumlah dan berat feses sehingga mudah dikeluarkan.

Satu mangkok bayam yang direbus mengandung sekitar 4,3 gram serat yang merupakan 17% pemenuhan kebutuhan serat harian. Lima kubus memiliki komposis yang memenuhi 10% dari kebutuhan serat. Sementara itu, 1 tangkai brokoli (sekitar 150 gram) mengandung 3,6 gram serat. Mengingat banyaknya kandungan serat di dalam sayuran hijau maka tambahkanlah ini ke dalam menu makanan harian Anda sehingga keluarga terbebas dari penyakit sembelit.

2. Artichoke

Apa itu sayuran atau tanaman artichoke? Artichoke adalah tunas bunga thistle atau artichoke. Tanaman ini memiliki efek sebagai prebiotik. Keberadaannya akan membantu usus dan mikroorganisme baik dalam menjaga kesehatan struktur dan fungsi usus.

Prebiotik adalah senyawa karbohidrat – semisal inulin – yang tidak dapat dicerna oleh usus. Zat ini akan memberi makanan dan dukunga bagi kuman baik yang ada di usus. Konsumsi prebiotik yang teratur akan meningkatkan jumlah bakter baik dan daya proteksi nya di usus.

Salah satu penelitian meneliti tentang orang yang memakan 10 gram serat yang diekstrak dari tunas artichoke setiap hari selama 3 minggu. Dari studi ini ditemukan adanya peningkatan jumlah bakteri baik seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli bacteria. Selain itu, ditemukan juga penurunan jumlah bakteri jahat di dalam rongga usus.

3. Rhubarb

Apa itu rhubarb? Ini adalah jenis sayuran yang mirip dengan keladi. Tanaman ini sudah dikenal memiliki efek merangsang buang air besar. Hal ini dikarenakan memiliki kandungan senyawa kimia yang dikenal sebagai sennoside yang lebih dikenal dengan Senna.

Penelitian pada sekelompok tikus menunjukkan bahwasanya senyawa sennoside dari rhubarb mampu mengurangi kadar aquaporin 3. Aquaporin 3 ini adalah protein yang mengatur pergerakan air di usus halus. Rendahnya kadar aquaporin 3 berarti sedikit air yang dipindahkan dari usus besar ke aliran darah. Keadaan ini akan membuat feses menjadi lebih lembut dan mudah ditransportasikan.

Satu cangkir sayur rhubarb (122 gram) mengandung 2,2 gram serat, Jumlah ini berarti memenuhi 9% dari kebutuhan serat harian. daun tanaman rhubarb ini tidak bisa dimakan. Batang nyalah yang dikonsumsi setelah sebelumnya diiris dan direbus. Rasanya biasanya asam sehingga sering dicampurkan dengan gula.

Nah, itu tadi sayuran yang bisa melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Disarankan untuk makan jenis makanan lain seperti buah dan biji-bijian untuk lebih mudah memperlancar BAB. Mudah-mudahan bermanfaat.

Baca juga: Kenapa saat buang air besar ada keluar darah?

  • Sumber:
    • Healthline.com: The 17 Best Foods to Relieve Constipation

Info kesehatan terkait: Cara memijat perut agar lancar BAB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here