Home Coronavirus Bantuan Pemerintah Cara Memperoleh Bantuan Sosial Non PKH

Cara Memperoleh Bantuan Sosial Non PKH

0
441
Cara Memperoleh Bantuan Sosial Non PKH
Bagaimana Cara Memperoleh Bantuan Sosial Non PKH. Sumber gambar: DrZuhdy.com

Bagaimana cara memperoleh bantuan sosial non PKH? Pemerintah sudah merealisasikan bantuan kepada semua masyarakat bukan termasuk (PKH) program keluarga harapan. Sekitar 9 juta masyarakat keluarga penerima manfaat (PKM) akan memperoleh bantuan sosial itu. Sementara itu untuk setiap penerima, menikmati uang tunai sekitar 500 ribu rupiah.

Sebenarnya ada banyak jenis bantuan pemerintah.Silahkan dipelajari dan dipahami. Bila berpeluang maka segeralah daftar. Ini link beberapa jenis bantuan pemerintah: Jenis Bantuan Sosial dan Bantuan Langsung Tunai

Untuk dananya sendiri juga akan dicairkan langsung dari pemerintah ke nomor rekening dari kartu keluarga sejahtera. Dengan transfer langsung memakai himpunan bank milik negara atau himbara antara lain BNI atau BRI. Bantuan tersebut diberikan untuk membantu masyarakat di tengah pandemi covid-19 yang sekarang sedang ramai.

Bansos ini mulai diberikan pada tahun 2020 dan juga sudah diperpanjang oleh kemensos sendiri sampai 2021. Sebelumnya kementerian sosial juga mengungkapkan jika program tersebut akan dibuat untuk bukan januari sampai juni 2021. Setiap kepala keluarga akan diberikan dengan syarat yang harus dipenuhi agar dapat menikmatinya.

Dapatkan Bansos Non PKH

Untuk cara memperoleh bantuan sosial non PKH ini, maka masyarakat bisa memperhatikan beberapa hal berikut. Seperti sekarang ini tidak bisa dilakukan registrasi online. Masyarakat KPM (keluarga penerima manfaat) dapat langsung pergi ke RT/RW setempat untuk mendaftarnya. Nantinya calon penerima akan diberi surat pemberitahuan.

Isi surat tersebut mengenai bagaimana cara registrasinya. Anda harus mendaftar di lokasi di mana memang sudah ditentukan pemerintah setempat. Kemudian yang harus dilakukan ialah melengkapi semua data, misalnya saja KTP, KK, nomor induk penduduk, serta kode pada data terpadu. Jika sudah lengkap, maka akan langsung diproses.

Untuk pemrosesannya sendiri dari himbara, kelurahan, serta diteruskan ke kabupaten atau walikota. Jika telah verifikasi, maka penerima bansos yang bukan PKH oleh pemerintah nantinya dibuatkan nomor rekening dan juga kartu keluarga sejahtera. Agar dapat melihat apakah Anda terdaftar atau tidak, Anda langsung cek status.

Cek Status Penerima Bantuan

Agar dapat melihat apakah Anda termasuk atau terdaftar dalam bantuan ini, maka bisa melihat caranya dengan mudah. Penerima hanya perlu melihat melalui web resmi dari kemensos yakni cekbansos.siks.kemensos.go.id. Situs itu memang dapat memudahkan masyarakat, sebab dapat diakses semua orang yang berkaitan dengan bantuan pemerintah.

Jika sudah masuk ke web, maka hanya tinggal pilih identitas mana yang akan dipakai guna mencairkan uang. Untuk pilihannya sendiri, Anda bisa menggunakan nomor induk kependudukan, no peserta BPJS, serta dapat menggunakan data terpadu kesejahteraan sosial. Penerima dapat memilih salah satunya agar dapat masuk ke link kemensos.

Jika Anda sudah memilih jenis identitas untuk digunakan, maka bisa langsung memasukkan nomornya pada kolom disediakan. Setelah itu mengisi nama lengkap yang sama dengan di KTP. Setelah itu, Anda hanya harus menunggu hingga keluar hasilnya.

Mendapatkan bantuan sosial non PKH ini memang syaratnya tidak jauh berbeda dengan jenis bantuan yang lainnya. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa hal yang dibutuhkan. Untuk informasi cara memperoleh bantuan sosial non PKH bisa dilihat di situs resmi kemensos.

Baca juga topik terkait: cara mendapatkan bantuan sosial tunai

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here