Home Coronavirus Bantuan Pemerintah Cara Mendapatkan Bantuan Sosial Rp 3,5 Juta Untuk Modal Usaha Dari Kemensos

Cara Mendapatkan Bantuan Sosial Rp 3,5 Juta Untuk Modal Usaha Dari Kemensos

2
358
Cara Mendapatkan Bantuan Sosial Rp 3,5 Juta Untuk Modal Usaha Dari Kemensos
Cara Memperoleh Bantuan Sosial Rp 3,5 Juta Untuk Modal Usaha Dari Kemensos

Informasi dan tips cara mendapatkan bantuan sosial Rp 3,5 juta untuk modal usaha dari Kemensos. Pemerintah Indonesia tetap berusaha untuk menurunkan angka kemiskinan di Indonesia dengan menyalurkan sejumlah dana bantuan sosial (bansos) selama wabah COVID-19 berlangsung. Salah satu jenis bansosnya adalah program kewirausahaan sosial (Prokus) yang diselenggarakan oleh Kementerian sosial yang membagikan dana untuk modal usaha sebanyak Rp 3,5 juta rupiah.

Program bansos ini dibagikan kepada para Penerima Manfaat dari PKH (Program Keluarga Harapan) yang akan graduasi. Hal ini berarti mereka yang masih menjadi kelompok miskin dan rentan miskin, namun telah graduasi akibat komponennya tidak dipenuhi.

Berdasarkan halaman Indonesia.go.id, bantuan sosial ini direncanakan akan diberikan kepada sejumlah 10.000 keluarga penerima manfaat (KPM) PKH Graduasi yang mempunyai usaha yang lagi dirintis sejak pandemi COVID-19 berlangsung. KPM PKH Graduasi yang telah terpilih akan diberikan pendampingan dan uang tunai sejumlah Rp 3,5 juta setiap KPM untuk menstimulasi perkembangan usaha mereka.

KPM PKH graduasi adalah keluarga yang telah lulus dari program PKH. Mereka dinyatakan telah mampu atau sudah bisa mandiri dan mengembangkan usaha sendiri. Dan mereka lah sasaran bansos ini diselenggarakan.

Syarat Memperoleh Bansos Rp 3,5 Juta

Beberapa jenis usaha yang memiliki hak memperoleh modal usaha sebesar Rp 3,5 juta ini adalah usaha kuliner, kelontong, pedangang, penjahit, pertanian, dan peternak. Namun, tidak semua PKH dapat menerima bantuan ini.

Menurut informasi dari Kompas.com pada tanggal 17 Januari 2021, Prokus lebih diutamakan diberikan kepada keluarga yang telah mempunyai rintisan usaha mikro atau yang memiliki potensi akan merintis usaha. Staf ahli Menteri Bidang Perubahan dan Dinamika Sosial, Adgy Karyono mengatakan hal ini.

Berdasarkan pendapat beliau, pemerintah menyediakan bimbingan dan konsultasi bisnis, pendampingan sosial, dan bantuan modal usaha bilamana diperlukan. Pertimbangan pemerintah untuk tidak membagikan bantuan ini kepada seluruh PKH graduasi adalah karena pada dasarkan untuk bebas dari kemiskinan tidak semua yang mau menjadi pelaku usaha.

Oleh sebab itu, ada dua jalur yang dibuat. Pertama untuk anggota keluarga PKH yang mau bekerja sebagai pegawai, karyawan, atau sejenisnya. Maka dibutuhkan akses untuk persaingan di pasar. Kedua bagi yang memiliki minat atau telah memiliki usaha rintisan (masih kecil-kecilan) maka dibutuhkan program untuk menambah kapasitas dalam berusaha tersebut.

Simak juga: Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Internet Gratis

Berkenaan dengan para penerima bantuan ini, nanti akan dimanajemen menurut data yang telah diusulkan oleh progam PKH kepada Dirjen Pemberdayaan Sosial yang mengampu program Prokus. Selain itu, calon penerima juga akan melewati proses verifikasi lapangan oleh tim dan pakar yang berasal dari lembaga perguruan tinggi.

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar BLT UMKM Tahun 2021 Sebesar Rp 1,2 Juta

Bilamana hasil verifikasi sesuai maka akan ditetapkan sebagai penerima bansos ini. Nah, bagi Anda yang berminat maka pantau terus informasi dari Kemensos. Kami akan melakukan update bilamana ada informasi terbaru tentang cara mendapatkan bantuan sosial Rp 3,5 juta untuk modal usaha dari Kemensos ini. (sumber: nasional.kontan.co.id)

Simak juga info: Cara Daftar BLT Anak Sekolah Agar Mendapat Uang Hingga Rp 2 Juta per Tahun dari Kemensos

Bila tidak ingin ketinggalan tentang informasi bantuan pemerintah, mari bergabung dengan grup facebook kami di: Grup Informasi Bantuan Pemerintah

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here