Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Untuk Asam Lambung Naik Tinggi

0
140
makanan yang tidak boleh untuk asam lambung naik tinggi
Makanan yang tidak boleh untuk penderita penyakit asam lambung

Penyakit asam lambung (GERD) sangat berkaitan dengan pola dan jenis makanan. Meskipun telah banyak disinggung pada banyak artikel kami sebelumnya, kami akan khusus membahas masalah yang berhubungan dengan makanan. Silahkan disimak jenis makanan yang tidak boleh untuk asam lambung.

Daftar Makanan Yang Tidak Boleh Untuk Penderita Asam Lambung Naik

Dengan mengetahui apa saja jenis makanan nya maka para penderita GERD akan lebih mudah mengontrol penyakit nya. Berikut ini list makanan nya.

1. Makanan Dan Minuman Tinggi Lemak

Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh manusia, akan tetapi terlalu tinggi konsumsi makanan yang mengandung lemak justru akan mendatangkan penyakit. Salah satu penyakit nya adalah penyakit asam lambung.

Penelitian menyebutkan bahwasa seringnya seseorang mengonsumsi makanan berlemak akan melemahkan katup otot kerongkongan (esofagus) bagian bawah. Hal ini berkaitan dengan perangsangan produksi hormon kolesistokinin. Hormon ini menyebabkan katup kerongkongan bawah menjadi mengendur.

Keadaan di atas merupakan penyebab terjadinya GERD. Kelemahan katup ini akan menimbulkan gejala sensasi dada terbakar (heartburn). Selain itu, bisa juga dirasakan sesak nafas, nyeri ulu hati, hingga mual atau muntah.

2. Olahan Makanan Yang Digoreng

Makanan yang diolah dengan digoreng tentu saja banyak mengandung lemak trans. Lemak trans ini dihasilkan dari minyak yang dipanaskan. Apalagi bila kualitas minyak tidak baik dan dipanaskan berulang-ulang.

Kemudian proses nya pun seperti dijelaskan di atas. Paparan lemak trans yang sering dan berulang akan menyebabkan pengenduran pada otot-otot penyusun katup esofagus. Katup yang lemah akan sulit menahan beban tekanan rongga lambung.

3. Cokelat

Selain mengandung lemak, cokelat mengandung zat stimulan berupa kafein dan teobromin. Kedua zat ini telah dikenal mampu merangsang peningkatan produksi asam lambung. Jumlah dan derajat keasaman lambung yang semakin meningkat akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit GERD.

Selain itu, pada beberapa produk coklat olahan juga terdapat zat lain yaitu metilxantin. Zat ini juga ternyata dapat melemahkan kekuatan otot-otot yang menyusun katup esofagus.

4. Kopi

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa kopi sebaiknya dihindari pada penderita maag dan asam lambung. Hal ini dikarenakan minuman ini kaya akan kafein. Sama-sama kita ketahui bahwasanya kafein akan merangsang peningkatan produksi cairan asam lambung.

List Makanan Yang Tidak Boleh Untuk Asam Lambung Tinggi Selanjutnya

5. Soda

Soda dan minuman yang mengandung karbonasi akan membuat perut menjadi kembung. Gas yang dihasilkannya akan memberikan beban dan memperlemah katup (sfingter) kerongkongan bagian bawah. Pada akhirnya cairan asam lambung yang berada di lambung akan mudah mengalir kembali ke kerongkongan sehingga menimbulkan gejala dan tanda GERD.

Akhir-akhir ini pun banyak produk minuman soda yang dicampur dengan kafein. Seperti telah dijelaskan di atas maka minuman ini akan lebih mudah dan cepat menimbulkan gejala dan tanda asam lambung naik.

6. Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol biasanya adalah minuman yang memiliki tingkat keasaman tinggi. Bilamana sering meminumnya maka cairan asam lambung akan cenderung meningkat.

Selain itu, menurut Journal of Zhejiang University Science B bahwasanya minuman seperti bir dan anggur dapat melemahkan kekuatan sfingter esofagus. Lama-kelamaan akan mudah terjadi regurgitasi (mengalir kembali) cairan isi lambung dari lambung ke kerongkongan.

Oleh karena sifatnya yang asam, minuman beralkohol juga dapat mengiritasi permukaan dinding lambung dan esofagus. Akibatnya, semakin sering dan lama konsumsi alkohol maka akan semakin mudah kekambuhan penyakit GERD terjadi.

7. Makanan Pedas

Makanan pedas biasanya adalah makanan yang mengandung cabai atau olahan cabai. Makanan ini biasanya akan menimbulkan nyeri pada perut, perut panas, mulas, diare, dan gejala-gejala asam lambung naik.

Cabai mengandung zat yang dikenal dengan capsaicin. Ini adalah ekstrak alkaloid yang menghasilkan rasa pedas khusus pada cabai.

Nah, capsaicin ini akan melambatkan kinerja sistem pencernaan yang tentunya dapat memberikan pengaruh buruk bagi para penderita penyakit asam lambung. Mengapa? Oleh karena semakin lama makanan berada di lambung maka semakin banyak cairan asam lambung yang dikeluarkan untuk mencernanya.

Selain itu, zat capsaicin ini juga akan mengiritasi permukaan dinding lambung dan esofagus. Lama-kelamaan akan terasa semaki mudah terkena gejala penyakit maag atau GERD bila sering mengonsumsi cabai.

8. Buah Citrus

Contoh buah citrus adalah jeruk, lemon, jeruk nipis, atau jeruk bali. Kelompok buah ini adalah buah yang memiliki kandungan rasa asam. Konsumsi buah citrus yang berlebih dapat memicu kenaikan cairan asam lambung.

Terdapat penelitian yang diterbitkan pada The Korean Journal of Gastroenterology. Penelitian tersebut mengambil sampel 382 orang yang merasakan heartburn. Dari jumlah ini terdapat 67 persen yang merasakan gejala bertambah parah setelah konsumsi buah jeruk.

9. Tomat

Buah tomat mengandung zat asam sitrat dan asam malat. Kedua zat ini berperan dalam peningkatan produksi cairan asam lambung. Terlalu banyak konsumsi buah ini akan rentan mengalami gejala penyakit GERD.

Info terkait: Makanan pereda refluks asam lambung

Nah, itu tadi rincian makanan yang tidak boleh dimakan untuk asam lambung. Sebenarnya bukan tidak boleh dimakan karena memang makanan di atas juga memiliki segudang manfaat. Namun, lebih tepatnya harus cermat dan bijak bila ingin mengonsumsinya. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Cara mengatasi asam lambung naik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here