Kode ICD 10 Colic Abdomen (Diagnosa Kolik Abdomen)

kode icd 10 colic abdomen
Daftar rincian kode diagnosa ICD X kolik abdomen

Hai para koder sekalian, kali ini kami akan berbagi informasi tentang kode ICD 10 colic abdomen (kolik abdomen). Penyakit ini cukup sering kejadiannya. Yuk silahkan disimak.

Nomor Kode ICD 10 Colic Abdomen

Sebelum kita bahas diagnosis coding nya, kita simak dulu informasi singkat tentang penyakit ini. Mengapa? Hal ini dikarenakan berhubungan dengan kode diagnosa penyakit nya.

Apa Itu Kolik Abdomen?

Kolik abdomen adalah nyeri yang hebat pada perut yang bersifat timbul-hilang. Nyeri ini disebabkan oleh adanya kontraksi otot, sumbatan, atau pun peradangan pada organ yang ada di dalam rongga perut. Jadi, nyeri ini bisa diakibatkan oleh organ usus halus dan besar, rektum, kantong empedu, ginjal, atau pun saluran kemih.

Biasanya nyeri kolik cukup sering dialami oleh bayi. Namun, bukan berarti orang dewasa tidak pernah mengalaminya. Setiap nyeri kolik abdomen harus diperiksa oleh dokter.

Jenis Nyeri Kolik Pada Abdomen

1. Kolik Usus

Nyeri kolik usus ini berasal dari usus halus dan besar. Hal ini bisa muncul sebagai akibat dari peradangan, infeksi, atau pun sumbatan pada usus besar dan halus. Contoh keadaan yang menyebabkan nya adalah:

• Penyakit radang usus, semisal apendisitis (radang usus buntu) dan penyakit crohn.
  • Demam thypoid.
  • Hernia.
  • Sumbatan pembuluh darah usus.
  • Adanya jaringan parut setelah prosedur operasi.
  • Divertikulitis
  • Kanker usus

2. Peritonitis

Peritonitis adalah peradangan yang biasanya disebabkan oleh infeksi pada lapisan peritoneum. Lapisan ini adalah lapisan yang melindungi dan membatasi organ-organ perut. Keadaan ini bisa muncul dari pecah nya usus buntu, kerusakan lapisan lambung, usus, atau empedu (terdapat lubang), pankreatitis, hingga peradangan pada panggul.

3. Kolik bilier

Nyeri kolik bilier timbul sebagai akibat dari adanya sumbatan pada saluran empedu. Banyak hal yang menyebabkan sumbatan ini, tetapi yang paling sering adalah batu empedu.

4. Kolik ginjal

Nyeri kolik ginjal sudah jelas berasal dari ginjal yang biasanya disebabkan oleh penyumbatan. Penyebab sumbatan biasanya adalah batu ginjal, infeksi, atau pun terdapat nya gumpalan darah.

Rincian Kode Diagnosa ICD 10 Colic Abdomen

Secara umum kode diagnosa kolik abdomen adalah R10.83 : Colic

Nah, bila Anda mencari kode yang berhubungan dengan kolik (atau keadaan yang mendasari nya) silahkan lihat di bawah ini. Namun, biasanya kode diagnosis kolik demam R10.83 di atas akan hilang bila telah diketahui penyakit nya.

• R10.84 Generalized abdominal pain (nyeri perut generalisata pada anak atau dewasa. Bisa juga dipakai untuk kode diagnosa kolik abdomen).
  • K38.8 Other specified diseases of appendix (penyakit spesifik lainnya dari apendisitis. Dapat mewakili nyeri kolik akibat radang usus buntu).
  • K56 Paralytic ileus and intestinal obstruction without hernia (ileus dan sumbatan pada usus)
  • K80 Cholelithiasis (Batu pada saluran empedu. Pada artikel selanjutnya kami akan merincikan kode ini).
  • N23 Unspecified renal colic (nyeri kolik ginjal)

Nah, itu tadi daftar nomor kode ICD 10 colic abdomen. Disarankan untuk memakai kode diagnosis R10.83 bila belum mengetahuo penyakit secara pasti. Mudah-mudahan mendatangkan manfaat.