Mengapa Kita Dianjurkan Untuk Berjemur Di Pagi Hari ?

0
299
mengapa kita dianjurkan untuk berjemur di pagi hari
Keberadaan pantai untuk berjemur.

Banyak yang bertanya dan minta untuk jelaskan mengapa kita dianjurkan untuk berjemur di pagi hari. Sebenarnya sudah banyak yang tahu alasannya. Kebanyakan pun akan menjawab untuk memperoleh vitamin D dan menjaga kesehatan tulang.

Namun, kami akan membahas alasan-alasan lain yang menjawab pertanyaan mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pagi hari jelaskan alasanmu ini. Kami akan membahas alasan yang berhubungan dengan kesehatan dan kedokteran saja. Yuk simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

Alasan Penting Mengapa Kita Dianjurkan Untuk Berjemur Di Pagi Hari

Menguatkan Tulang dan Gigi
Sinar matahari pagi mengandung sinar ultraviolet B (UVB) dengan kadar yang baik untuk proses pembentukan vitamin D (kalsiferol). PSinar matahari yang baik ini hanya ada di pagi hari, lebih tepatnya kurang dari pukul 11 pagi.

Paparan sinar UVB ke kulit akan memrangsang sel dan jaringan kulit untuk menghasilkan vitamin D. Studi http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2290997/ pada tahun 2008 ini menjelaskan bahwasanya 30 menit terpapar hampir seluruh bagian tubuh oleh sinar UVB, maka akan membuat vitamin D sejumlah, yaitu:

  • 50.000 IU (1,25 mg) pada kebanyakan orang Kaukasia
  • 20.000 sampai 30.000 IU pada orang dengan warna kulit kecoklatan
  • 8.000 hingga 10.000 IU pada mereka yang berkulit gelap.

Sejumlah vitamin D yang dihasilkan dari kulit seperti penjelasan di atas adalah jumlah total yang dilepaskan ke sistem sirkulasi darah dalam waktu 24 jam.

Vitamin D ini akan memiliki peran yang sangat penting dalam kesehatan tulang. Terpenuhinya kebutuhan vitamin ini akan mencegah terjadinya penyakit riketsia pada anak, osteoporosis dan osteolamalasia pada orang dewasa.

Penyembuhan Masalah Kulit
Berdasarkan informasi dari situs WHO bahwasanya paparan sinar matahari akan membantu terapi berbagai problema kesehatan kulit. Banyak dokter memberi rekomendasi penggunaan sinar UV terkontrol untuk menyembuhkan beberapa penyakit di bawah ini:

  • psoriasis,
  • eksim,
  • ikterus (kuning pada bayi), dan
  • jerawat.

Pencegahan Kanker
Kita paham bahwasanya terlalu banyak mendapatkan paparan sinar matahari maka akan meningkatkan risiko penyakit kanker kulit. Namun, dalam jumlah yang relatif sedang justru akan mendatangkan manfaat kesehatan berupa pencegahan timbulnya sel-sel kanker.

Berdasarkan hasil penelitian http://cjasn.asnjournals.org/content/3/5/1548.full ini mendapatkan hasil bahwa orang-orang yang tinggal di daerah dengan waktu siang nya relatif lebih pendek dari waktu malam, lebih berisiko mendapatkan penyakit kanker yang spesifik dibandingkan dengan mereka yang hidup di daerah waktu siangnya lebih panjang dari malamnya. Beberapa kanker spesifik tersebut antara lain:

  • Kanker usus besar,
  • Limfoma hodgkin,
  • Kanker ovarium,
  • Kanker pankreas, dan
  • Kanker prostat.

Menjaga Kesehatan Mental
Perlu Anda ketahui bahwasanya cahaya matahari dan gelap memberikan pengaruh terhadap proses pelepasan hormon di otak. Paparan sinar matahari akan merangsang bagian tertentu di retina sehingga meningkatkan pelepasan hormon serotonin di otak. Serotonin ini bekerja berkaitan dengan peningkatan mood dan membantu seseorang menjadi lebih tenang dan fokus.

Sementara itu, cahaya malam (lebih gelap) merangsang otak untuk menghasilkan hormon lainnya yaitu melatonin. Hormon ini berperan penting dalam membantu seseorang untuk tidur. Oleh karena itu, seseorang yang kekurangan paparan sinar matahari akan memiliki kadar serotonin yang lebih rendah. Rendahnya serotonin ini berkaitan dengan peningkatan risiko terjadinya depresi dan gangguan afektif musiman.

Gangguan afektif adalah gangguan pada suasana perasaan. Sifatnya hanya bersifat musiman. Mengapa? Oleh karena penyakit ini banyak diderita oleh orang Eropa yang mengalami gangguan ini pada saat musim salju saja. Hal ini berhubungan dengan waktu siang yang relatif lebih pendek dari waktu malam.

Berkenaan dengan hal di atas, salah satu terapi depresi musiman adalah dengan menggunakan terapi cahaya. Terapi ini lebih dikenal dengan fototerapi. Cahaya dibuat semirip mungkin dengan cahaya matahari alami yang mampu merangsang otak untuk memproduksi hormon serotonin dan mengurangi produksi hormon melatonin.

Manfaat Lainnya
Selain keempat kegunaan di atas, masih banyak lagi alasan penting mengapa kita disarankan untuk berjemur di pagi hari. Beberapa diantaranya adalah:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan risiko terkena influenza,
  • Mendukung kesehatan janin di dalam kandungan,
  • Meningkatkan status kesehatan bayi, dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya tentang khasiat dan kegunaan ini, silahkan baca pada tautan di bawah ini:
> Manfaat Vitamin D

Sumber:
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2290997/
http://www.who.int/uv/faq/uvhealtfac/en/index1.html
http://cjasn.asnjournals.org/content/3/5/1548.full
drzuhdy.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here