Mengenal Lebih Jauh Asuransi Allianz di Indonesia

0
62
Asuransi Allianz
Asuransi Allianz. Sumber gambar: allianz.co.id

Berbicara mengenai asuransi di Indonesia tentu tidak dapat lepas begitu saja dari asuransi bernama Allianz. Perusahaan asuransi ini merupakan salah satu perusahaan yang sudah lama eksis di Indonesia sehingga sudah banyak dipercaya untuk memberikan proteksi bagi keluarga.

Berbagai macam produk tersedia dan dapat dijangkau semua kalangan. Bahkan berbagai skema pertanggungan juga disediakan supaya lebih mudah diakses dan semakin memudahkan para nasabah dalam mendapatkan keuntungan dan perlindungannya. Adapun produk yang banyak digunakan yakni asuransi jiwa Allianz dan asuransi kesehatan.

Tentang Allianz Indonesia

Allianz sudah dikenal lama sebagai salah satu perusahaan global elit yang bergerak di bidang layanan assuransi dan manajemen aset. Perusahaan ini berasal dari Jerman dan telah berdiri sejak 1890 sehingga sudah dibuktikan pengalaman dan posisi finansialnya.

Di Indonesia sendiri, Allianz mulai berdiri sejak membuka kantor perwakilan pada tahun 1981 di Jakarta. 8 tahun kemudian, tepatnya pada 1989, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia didirikan sebagai perusahaan asuransi umum. Tahun 1996, Allianz mulai memasuki bisnis asuransi jiwa, dan 10 tahun kemudian asuransi syariah mulai masuk menjadi bagian Allianz Indonesia.

Baca juga: Pengertian Asuransi Syariah

Pengalaman yang banyak dan didukung oleh jaringan mitra yang beragam membuat perusahaan asuransi ini menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia dengan lebih dari 7 juta nasabah dan lebih dari 1.000 karyawan di seluruh Indonesia.

Pilihan Produk Asuransi Allianz

Allianz memiliki pilihan produk yang sangat beragam. Secara umum, ada XXXX kategori produk yang didasarkan pada kebutuhan para nasabahnya. Berikut pilihan produk yang dimaksud.

1) Asuransi Kesehatan

Melalui assuransi ini, Allianz akan memberikan pertanggungan biaya rawat inap, pembedahan, hingga rawat jalan. Berbagai perlindungan diberikan secara menyeluruh bagi Anda dan keluarga baik untuk penyakit umum hingga penyakit yang berat seperti kanker.

2) Asuransi Jiwa

Ada beragam jenis asuransi jiwa Allianz yang sudah disediakan. Semuanya dirancang sedemikian rupa untuk dapat memenuhi kebutuhan setiap nasabah. Adapun santunan yang diberikan adalah ketika nasabah meninggal dunia dan manfaat investasi yang dimiliki.

3) Asuransi Syariah

Dalam asuransi syariah ini, berbagai produk dan jenis tersedia mulai dari asuransi jiwa berbasis syariah, asuransi ibadah haji, hingga asuransi jiwa untuk asuransi kematian dan penyakit kritis. Sejatinya asuransi ini mirip dengan jenis asuransi konvensional di atas, bedanya adalah adanya sistem syariah yang sesuai dengan prinsip agama Islam.

Baca juga: Jenis Asuransi Syariah

4) Asuransi Umum

Dalam asuransi Allianz, terdapat beberapa produk asuransi umum yang tersedia, yakni:

  • Asuransi kendaraan, untuk Anda yang ingin mengasuransikan mobil dari berbagai risiko kecelakaan yang berakibat pada diri Anda maupun pada kendaraan Anda.
  • Asuransi bangunan, merupakan perlindungan dari berbagai risiko pembangunan rumah maupun tempat usaha.
  • Asuransi perjalanan, yang dapat digunakan sebagai perlindungan maksimal untuk menemani perjalanan, baik di dalam ataupun di luar negeri, bahkan Anda juga bisa jalan-jalan sambil berasuransi sekaligus bersedekah.
  • Asuransi diri, merupakan santunan dari berbagai perlindungan pribadi, seperti kecelakaan, cacat tetap, pengobatan, hingga berbagai santunan kematian selama 24 jam sehari dengan premi yang terjangkau.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Allianz

Asuransi jiwa merupakan salah satu produk unggulan yang digunakan oleh perusahaan Allianz untuk membantu setiap nasabah dalam menyelesaikan masalahnya. Akan tetapi, selalu pastikan Anda sebagai calon nasabah juga harus mengetahui kembali kelebihan dan kekurangan asuransi tersebut sebelum mengambil keputusan secara matang.

1) Kelebihan asuransi jiwa Allianz

Ada berbagai kelebihan asuransi Allianz yang tidak dimiliki oleh produk asuransi lainnya, di antaranya:

  • Harga premi yang murah tanpa ada biaya tambahan. Mulai dari 100 ribuan per bulan saja, Anda sudah bisa membeli premi yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.
  • Tidak terikat pada jangka waktu yang lama. Hal ini tentu cocok dengan Anda yang mungkin ingin memiliki asuransi namun hanya akan bertahan selama jangka waktu tertentu.
  • Proses klaim yang mudah. Dengan tidak adanya hal-hal rumit dan syaratnya pun mudah dilakukan, proses klaim bisa langsung segera Anda lakukan secara cepat. Bahkan, nilai dari pertanggungan setiap manfaat sifatnya tetap.

2) Kekurangan asuransi Allianz

Kendati memiliki berbagai manfaat yang menggiurkan, namun ada juga beberapa kekurangan lain dari asuransi Allianz ini jika dibandingkan dengan asuransi lainnya, yakni:

  • Jika tidak ada klaim, dana dapat hilang atau hangus. Namun, hal ini dapat terjadi jika Anda menggunakan asuransi konvensional. Apabila memilih sistem asuransi syariah, tentu saja ada kebijakan lainnya.
  • Tidak adanya investasi, hal ini menyebabkan uang premi berjumlah tetap dan tidak berubah. Sayangnya, hal ini juga menyebabkan tidak ada santunan berupa dana investasi jika pemegang polis meninggal dunia.

Skema Transaksi Asuransi Jiwa pada Allianz

Setelah mengetahui jenis dan manfaat dari setiap asuransi, maka kini saatnya Anda mulai untuk membeli dan menentukan mana asuransi yang cocok dengan kebutuhan Anda. Setiap asuransi, baik asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan memiliki skema transaksi masing-masing. Akan tetapi, untuk membeli asuransi jiwa Allianz diperlukan beberapa hal sebagai berikut.

1) Menyesuaikan dengan kebutuhan

Asuransi jiwa pada perusahaan Allianz cukup beragam, mulai dari perlindungan asuransi kematian dan penyakit kritis hingga program investasi yang dapat digunakan di masa depan. Dengan mengetahui kebutuhan Anda, tentunya tidak salah pilih dan manfaat yang didapatkan juga semakin besar.

2) Menentukan kemampuan finansial

Membeli dan membayar premi pada asuransi adalah kewajiban setiap nasabah yang tergabung dalam asuransi Allianz. Berbagai macam produk yang tersedia sudah tentu akan beragam juga premi yang disediakan. Oleh karenanya, cermati kembali setiap persyaratan yang ada sehingga tidak memberatkan Anda dalam hal pembayaran premi asuransi.

3) Meneliti isi polis

Meskipun sudah terpercaya, tidak jarang banyak orang yang merasa salah paham dengan kebijakan yang ada di perusahaan Allianz. Untuk itu sangat penting mencermati isi polis supaya dalam menjalankan asuransi, Anda bisa mengetahui berapa iuran yang diharuskan, bagaimana cara klaim, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan proses asuransi tersebut.

4) Membayar premi asuransi secara rutin

Hal yang juga tidak kalah penting adalah melakukan pembayaran premi secara rutin dan tepat waktu. Biasanya, setiap perusahaan asuransi akan menyediakan opsi pembayaran secara auto-debit dari rekening atau membebaskan Anda melakukan pembayaran sebelum tanggal tertentu. Pastikan mematuhi hal ini untuk menghindari sanksi yang tersedia.

5) Melakukan klaim

Menjalankan klaim asuransi jiwa Allianz menjadi skema terakhir yang dilakukan oleh setiap pemegang polis. Jika Anda ingin melakukan klaim, pastikan sudah benar-benar Anda butuhkan. Selain itu, selalu pastikan juga Anda sudah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan lalu menjalankan prosedurnya.

Itulah beberapa hal terkait asuransi Allianz termasuk dengan berbagai produk, kelebihan, dan skema transaksinya. Jika masih mengalami kesulitan, jangan segan untuk menghubungi pihak customer service supaya dipandu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here