Home Info Kesehatan Kesehatan Kulit Penanganan dan Obat Biduran Membandel

Penanganan dan Obat Biduran Membandel

0
129
Obat Biduran Membandel
Obat Biduran Membandel

Mengatasi biduran tentu tidak terlalu merepotkan. Tapi bagaimana jadinya ketika Anda mengalami biduran yang membandel. Tentunya Anda membutuhkan obat biduran membandel, walaupun memang untuk memperoleh obat seperti ini, ada baiknya jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait.

Mengingat pencetus urtikaria atau biduran sendiri cukup beragam, mulai dari infeksi virus, bakteri akut, reaksi alergi terhadap hal-hal tertentu, atau bahkan reaksi terhadap obat tertentu.

Cara menangani biduran membandel

Untuk menangani biduran yang membandel tersebut, tentunya dokter membutuhkan riwayat perjalanan penyakit yang dimiliki oleh pihak pasien, untuk nantinya diserahkan pada pihak lab, untuk diuji lebih lanjut. Sebelum membahas tentang obat biduran yang tepat, ada baiknya jika memberikan penanganan yang baik, pada pasien biduran itu sendiri. hal ini perlu dilakukan, agar kondisinya tidak bertambah parah.

  1. Mengingat faktor pencetus reaksi alergi ini sendiri cukup beragam, ada baiknya jika pasien atau dalam hal ini Anda, menghindari beberapa jenis makanan yang mampu menyebabkan reaksi alergi. Karena ada beberapa orang yang mengalami reaksi alergi berdasarkan jenis makanan tertentu.
  2. Untuk menghilangkan rasa gatal, maka Anda dapat mengatasinya dengan mandi menggunakan produk khusus. Tapi pastikan bahan tersebut aman untuk kulit Anda.
  3. Ada baiknya jika menjaga kondisi tubuh agar tetap dingin. Karena ketika kondisi tubuh sedang panas, justru akan memperparah kondisi biduran itu sendiri.
  4. Gunakan pakaian yang longgar, agar tidak membuat gesekan berlebih pada kulit yang mengalami biduran.

Baca juga: Obat Biduran Untuk Ibu Menyusui

Obat biduran membandel

Berikut ini adalah beberapa obat yang biasanya diberikan oleh dokter untuk dikonsumsi. Tapi sebelumnya sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait, terutama untuk obat biduran membandel.

1. Antihistamin

Obat yang satu ini, mampu memblokir pelepasan histamin oleh tubuh, yang menyebabkan munculnya gejala biduran. Dalam hal ini ada beberapa jenis histamin yang biasanya diberikan oleh dokter. Jika obat tersebut dinilai tidak cukup, biasanya dokter akan menaikkan dosisnya. Atau dokter juga akan memberikan obat Antihistamin lainnya yang memberikan efek mengantuk ketika mengkonsumsinya. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi rasa gatal yang mengganggu, dengan cara tidur.

Apabila Anda sedang hamil dan menyusui, sebaiknya konsultasikan kembali hal seperti ini pada dokter terkait.

2. Lotion Calamine

Pemberian lotion seperti ini biasanya diberikan untuk memberikan sensasi dingin pada kulit. Adapun cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan langsung pada kulit, tapi sebelumnya, kocok dahulu sebelum menuangkannya pada kulit. Kemudian aplikasikan dengan menggunakan kapas, dan biarkan obat tersebut meresap atau hingga obat mulai mengering.

3. Obat anti radang

Obat anti radang juga biasanya diberikan untuk mengendalikan peradangan. Biasanya obat seperti ini akan diberikan ketika seseorang mengalami biduran yang kronis. Selain itu obat seperti ini juga biasanya diberikan dalam jangka waktu sebentar.

Demikianlah beberapa ulasan tentang bagaimana penanganan dan juga obat biduran membandel yang sebaiknya dikonsumsi. Tapi sebelum mengkonsumsinya, sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan dokter terkait, karena bisa jadi kondisi yang disangka biduran adalah gejala dari penyakit lainnya. (pc)

Baca juga: Obat Biduran Anak Tradisional

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here