Home Info Kesehatan Kesehatan Kulit 5 Obat Biduran Untuk Ibu Menyusui Praktis dan Aman Digunakan

5 Obat Biduran Untuk Ibu Menyusui Praktis dan Aman Digunakan

0
97
Obat Biduran Untuk Ibu Menyusui
Obat Biduran Untuk Ibu Menyusui - Sumber gambar: mozo190 dari Pixabay Free License

Mendapatkan kondisi biduran ketika sedang menyusui pastinya cukup merepotkan, selain rasa gatal yang ditimbulkan juga sulitnya mengkonsumsi sembarang obat, mengingat efeknya kepada bayi yang disusui kelak. Jika ini masalah yang sedang Anda hadapi, maka beberapa obat biduran untuk ibu menyusui dari bahan herbal ini, pastinya dapat Anda gunakan.

Menggunakan kompres air dingin

Untuk mengatasi biduran yang pertama, Anda dapat menggunakan kompres air dingin atau juga es batu. Hal seperti ini mampu meredakan rasa gatal pada kulit yang mengalami peradangan.

Anda dapat mengompres menggunakan es batu yang telah dibalut dengan handuk bersih, lalu diaplikasikan pada kulit dengan biduran. Atau Anda juga dapat mengkompres secara langsung kulit yang mengalami biduran, dengan menggunakan air dingin. Lakukan hal ini hingga kondisi kulit sudah membaik.

Mengurangi stress

Walaupun bukan termasuk obat biduran untuk ibu menyusui, namun cara ini juga terbukti mampu mengurangi gatal akibat biduran itu sendiri. karena ada kalanya seorang ibu baru stress karena tidak tahu bagaimana cara mengasuh bayi, atau bahkan stress karena kelelahan ketika mengurus bayi.

Stress ini yang nantinya membuat reaksi alergi, dan menimbulkan biduran. Jadi ketika kulit mengalami biduran, langkah pertama, sebaiknya kurangi stress yang Anda alami.

Baca juga: Obat Biduran Anak Tradisional

Menggunakan gel lidah buaya

Adapun cara berikutnya adalah dengan menggunakan gel lidah buaya. Kali ini Anda dapat menggunakan produk gel lidah buaya yang ada di pasaran, aplikasikan gel tersebut secara langsung pada kulit yang mengalami biduran.

Atau bisa juga menggunakan tanaman lidah buaya secara langsung. Caranya adalah dengan mengambil ½ batang lidah buaya, lalu cuci bersih, dan kupas kulitnya. Berikutnya aplikasikan bagian daging dan gel lidah buaya tersebut, secara langsung pada kulit yang mengalami biduran.

Menggunakan teh chamomile

Adapun obat biduran dengan menggunakan teh Chamomile ini sendiri bukan untuk dioleskan atau diaplikasikan pada kulit. Melainkan dikonsumsi, layaknya teh umumnya.

Beberapa kandungan yang ada dalam teh Chamomile tersebut, mampu memberikan efek penenang bagi tubuh. Hasilnya tubuh jadi lebih rileks, stress berkurang, dan gatal pada tubuh pun juga ikut berkurang.

Baca juga: Obat Biduran Alami

Bubuk soda kue

Apabila ada bubuk soda kue di rumah, Anda dapat menggunakannya untuk mengatasi masalah biduran. Caranya adalah dengan memasukkan bubuk soda kue secukupnya ke dalam mangkuk, kemudian beri air secukupnya, dan aduk hingga menjadi adonan pasta.

Aplikasikan adonan tersebut pada bagian yang mengalami biduran, tunggu selama beberapa saat, dan bilas menggunakan air bersih. Kandungan anti peradangan yang ada pada produk tersebut, terbukti mampu mengatasi masalah gatal biduran dengan baik.

Demikianlah beberapa obat biduran untuk ibu menyusui, yang perlu Anda ketahui, selain praktis, untuk digunakan juga aman, dan pastinya tidak akan menimbulkan efek samping negatif bagi Anda dan juga sang bayi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here