Vitamin Ibu Hamil Trimester 2 Yang Wajib Diketahui

0
158
Vitamin Ibu Hamil Trimester 2
Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil Trimester 2

Informasi Kehamilan – Perlukah mengkonsumsi vitamin ibu hamil trimester 2 ? Trimester 2 pada masa kehamilan dimulai sejak janin memasuki usia kandungan 4 bulan. Pada masa ini, biasanya tubuh ibu mulai merasa lebih nyaman dan segar. Mual-mual dan morning sickness berkurang serta Anda mulai merasa lebih bertenaga untuk melakukan aktivitas.

Nah, untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan serta menjaga kesehatan Anda sendiri, Anda tetap wajib mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung nutrisi penting. Beberapa jenis nutrisi tersebut masuk dalam kategori vitamin. Lalu, apa sajakah macam-macam vitamin yang diperlukan oleh ibu hamil trimester 2?

Baca Juga : Vitamin Ibu Hamil Trimester 1

Vitamin D

Secara umum, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi banyak sumber mineral seperti kalsium, zinc, dan zat besi. Maka, untuk asupan vitaminnya, yang paling disarankan adalah vitamin D. Ya, vitamin D berperan penting untuk meningkatkan jumlah mineral esensial seperti kalsium dan zat besi di dalam tubuh.

Vitamin ibu hamil yang satu ini juga diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta memperkuat kondisi janin. Vitamin D terbaik didapatkan dengan berjemur. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh kandungan vitamin ini dengan mengkonsumsi daging, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks memang dianjurkan untuk dikonsumsi terutama pada semester 1. Namun, bukan berarti Anda harus mengurangi konsumsi sumber vitamin B di semester kedua dan selanjutnya. Vitamin B kompleks yang terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12 merupakan komponen esensial untuk pertumbuhan otak dan organ janin.

Pastikan menu harian Anda mengandung vitamin B kompleks. Jangan khawatir, jenis vitamin ibu hamil trimester 2 ini dapat dengan mudah ditemui di daging sapi, daging ayam, berbagai jenis ikan, kuning telur, brokoli, dan sayuran lainnya. Anda bisa mengkonsumsi makanan tambahan seperti susu dan suplemen sesuai anjuran dokter.

Simak Juga : Dosis dan Cara Minum Vitamin DHA Untuk Ibu Hamil

Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh ibu selama masa kehamilan. Selain itu, seperti halnya vitamin B kompleks, Anda perlu mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin A karena bermanfaat dalam pembentukan organ tubuh janin.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin A misalnya wortel, tomat, hati ayam, telur rebus, susu, dan lain sebagainya. Dokter mungkin akan meresepkan suplemen A hanya pada saat kondisi tertentu saja.

Vitamin C

Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, anggur, buah naga, stroberi, dan sebagainya juga penting dikonsumsi selama masa kehamilan trimester 2. Beberapa ibu hamil masih mengalami mual pada fase ini. Buah-buahan segar dengan vitamin C mampu mengurangi rasa mual tersebut.

Vitamin C juga berfungsi untuk memperkuat sistem imun dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Selama kehamilan, daya tahan tubuh Anda relatif lebih lemah sehingga asupan vitamin ibu hamil semester 2 ini sangat diperlukan. (PC)

Baca Juga : Dosis dan Cara Minum Vitamin Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini