Dosis dan Cara Minum Vitamin DHA Untuk Ibu Hamil Dari Dokter

0
8
Dosis dan Cara Minum Vitamin DHA Untuk Ibu Hamil
Pedoman Dosis dan Cara Minum Vitamin DHA Untuk Ibu Hamil

Informasi Kehamilan – Seperti halnya pengonsumsian obat atau vitamin lainnya, dosis dan cara minum vitamin DHA untuk ibu hamil juga sudah ditentukan. Jadi tidak boleh asal. Vitamin ibu hamil DHA diklaim memiliki manfaat untuk ibu hamil dan janin yang dikandung. Sebenarnya apa itu DHA, apa manfaatnya, dan berapa banyak dosis yang dianjurkan? Semua pertanyaan tersebut akan coba dijawab dalam ulasan kali ini. Simak sampai akhir ya!

Vitamin DHA Untuk Ibu Hamil

DHA merupakan salah satu asam lemak omega 3 jenis lemak tak jenuh ganda. DHA berasal dari asam lemak omega 3 yang sebenarnya terdiri dari 3 jenis, yakni DHA, EPA, dan ALA. Setiap jenisnya memiliki manfaat tersendiri, untuk DHA sendiri berperan penting dalam mendukung fungsi otak, fungsi kulit, kesehatan mata, kerja sendi, dan kerja jantung.

Baca Juga : Dosis dan Cara Minum Vitamin Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Lebih rincinya berikut manfaat DHA baik bagi ibu hamil atau bayi dalam kandungan:

Mood Booster Untuk Ibu

DHA untuk ibu hamil sangat mendukung mood atau suasana hati selalu bahagia. Kebutuhan DHA yang terpenuhi pun dapat dirasakan hingga selesai melahirkan, baik melahirkan secara normal atau lewat operasi caesar. Hal ini karena DHA mendukung persalinan yang sehat terlebih setelah melahirkan ibu rawan mengalami baby blues hingga depresi postpartum.

Mendukung Perkembangan Otak, Mata, dan Sistem Saraf Bayi

Asupan DHA yang cukup membantu mengoptimalkan perkembangan otak, retina mata, dan sistem saraf bayi sejak dalam kandungan. Penyerapan DHA dari ibu ke janin didapati sangat banyak di trimester 3, di mana saat itu perkembangan otak bayi berkembang paling cepat dan nantinya diteruskan setelah lahir hingga usia 2 tahun pertama.

Adanya penyerapan DHA yang banyak dari ibu ke janin memiliki risiko defisiensi atau kekurangan asam lemak bagi sang ibu. Di sinilah pentingnya memenuhi kebutuhan vitamin ibu hamil. Karena bila tidak ada risiko depresi postpartum pasca melahirkan.

Menurunkan Risiko Alergi dan Meningkatkan Fokus

Manfaat DHA lainnya dapat menurunkan risiko alergi pada bayi setelah lahir. Dalam hal ini American Pregnancy Association juga menambahkan bawah asupan DHA yang cukup dapat mengoptimalkan fokus, perhatian, dan perilaku dalam proses belajar bayi kedepannya.

Simak Juga : Dosis dan Cara Minum Vitamin D Untuk Ibu Hamil

Dosis dan Cara Minum Vitamin Ibu Hamil yang Bagus

Mengetahui pentingnya manfaat DHA, tentu kini perlu mengetahui dosis dan cara minum vitamin DHA untuk ibu hamil yang tepat. Sejumlah ahli menyebutkan seorang ibu hamil membutuhkan sekitar 300 mg DHA per hari. Anda dapat memenuhi kebutuhan DHA ini dari berbagai macam makanan sehat dan juga vitamin.

Vitamin DHA yang bagus untuk ibu hamil ada yang berupa suplemen minyak ikan omega 3. Suplemen ini bisa dikonsumsi selama masa kehamilan atau bahkan sejak awal menikah guna mempersiapkan persediaan DHA. Cara minum vitamin DHA untuk ibu hamil biasanya 1 kaplet per hari yang diberikan bersamaan dengan makanan.

Demikian penjelasan tentang dosis dan cara minum vitamin DHA untuk ibu hamil. Meski memiliki banyak manfaat baik dan belum didapati efek samping tetap ikuti dosis yang dianjurkan. (SA)

Baca Juga : Dosis dan Cara Minum Asam Folat Untuk Ibu Hamil

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini