5 Jenis Vitamin Ibu Hamil Trimester 1 Penting Untuk Dikonsumsi

0
146
Vitamin Ibu Hamil Trimester 1
Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil Trimester 1

Informasi Kehamilan – Apa sajakah jenis vitamin untuk ibu hamil trimester 1? Kehamilan adalah momen yang dinanti oleh banyak wanita. Nah, jika Anda baru saja mendapat kabar bahagia berupa 2 garis pada test pack atau adanya janin dalam rahim Anda, selamat. Sekarang, saatnya bagi Anda untuk mengoptimalkan tumbuh kembang calon buah hati.

Tentunya, Anda wajib mengkonsumsi makanan bergizi yang diperlukan oleh tubuh Anda maupun tubuh janin. Ada beberapa zat penting yang perlu ada dalam makanan tersebut salah satunya adalah vitamin. Vitamin itu sendiri terdiri dari beberapa jenis. Nah, di awal kehamilan ini, beberapa jenis vitamin yang sangat diperlukan adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Dosis dan Cara Minum Vitamin DHA Untuk Ibu Hamil

Vitamin B

Jenis vitamin ibu hamil yang pertama adalah vitamin B atau sering pula disebut vitamin B kompleks. Disebut vitamin B kompleks karena vitamin yang satu ini terbagi lagi menjadi beberapa varian, yaitu vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12. Secara umum, semua jenis vitamin B tersebut sangat diperlukan oleh ibu hamil di trimester awal karena berfungsi untuk membantu perkembangan otak serta mencegah cacat pada bayi.

Sumber vitamin B kompleks dapat dengan mudah kita temui sehari-hari. Beberapa diantaranya adalah daging sapi, ikan, kuning telur, kacang-kacangan dan susu. Jika Anda mengalami morning sickness yang parah sehingga enggan memakan makanan-makanan di atas, Anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi suplemen.

Vitamin D

Vitamin ibu hamil trimester 1 yang kedua adalah vitamin D. Selain lewat makanan, vitamin D dapat diperoleh dengan cara berjemur di pagi hari.

Ada sedikit mispersepsi terkait dengan pemerolehan vitamin D lewat cara berjemur ini. Sinar matahari bukanlah sumber vitamin D. Bahan baku vitamin D secara alami sudah terdapat di dalam tubuh Anda. Dengan memperoleh sinar matahari yang cukup, bahan baku tersebut akan terproses menjadi pro-vitamin D dan akhirnya vitamin D.

Vitamin D sangat diperlukan oleh ibu hamil karena mampu meningkatkan kalsium dan imunitas. Ya, saat hamil, tubuh Anda cenderung lebih rentan terinfeksi bakteri dan virus. Dengan vitamin D yang cukup, masalah-masalah kesehatan dan diatasi.

Simak Juga : Dosis dan Cara Minum Vitamin Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Vitamin E

Vitamin E juga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun pada ibu hamil. Selain itu, Anda perlu mengkonsumsi vitamin ini karena mendukung perkembangan saraf pada janin.

Vitamin A dan C

Jika vitamin E berperan dalam pembentukan saraf, maka vitamin A penting untuk pertumbuhan organ tubuh janin. Sementara itu, jangan lupa mengkonsumsi vitamin C untuk daya tahan tubuh serta perbaikan sel rusak selama kehamilan.

Baik vitamin A maupun C adalah sumber antioksidan yang sangat penting untuk melindungi ibu dan janin dari serangan radikal bebas. Tentu saja, pastikan pula untuk mengkonsumsi nutrisi lain seperti asam folat dan kalsium selain vitamin ibu hamil trimester 1 yang disebutkan di atas. (PC)

Baca Juga : Dosis dan Cara Minum Vitamin D Untuk Ibu Hamil

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini