Dosis dan Cara Minum Vitamin D Untuk Ibu Hamil, Pelajari Yuk!

0
10
Dosis dan Cara Minum Vitamin D Untuk Ibu Hamil
Panduan Dosis dan Cara Minum Vitamin D Untuk Ibu Hamil

Informasi Kehamilan – Vitamin D merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan ibu hamil. Panduan tentang Dosis dan Cara Minum Vitamin D Untuk Ibu Hamil dapat menjadi pengetahuan penting dalam mengelola kesehatan selama masa kehamilan. Vitamin tersebut bermanfaat besar untuk proses pertumbuhan dan pembentukan tulang. Selain itu juga berguna untuk menjaga kesehatan otot, jantung dan otak.

Mengenal Manfaat dan Kebutuhan Vitamin D Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan vitamin D untuk menjaga kesehatan diri dan janin yang dikandung. Kecukupan vitamin D pada ibu hamil dapat mencegah beragam risiko masalah kesehatan. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko kelahiran bayi dengan berat badan yang kurang serta ibu hamil mengalami diabetes gestasional dan preeklampsia atau peningkatan tekanan darah dalam masa kehamilan.

Baca Juga : Dosis dan Cara Minum Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Salah satu panduan terkait dosis konsumsi suplemen kesehatan berupa vitamin D untuk ibu hamil adalah angka kecukupan gizi harian bagi ibu hamil. Menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, angka kecukupan gizi untuk vitamin D bagi ibu hamil adalah 600 IU atau sekitar 15 mcg per hari. Ada baiknya untuk meminta anjuran Dosis dan Cara Minum Vitamin D Untuk Ibu Hamil dari dokter untuk mencegah terjadinya kekurangan vitamin D selama masa kehamilan yang dapat berdampak buruk bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Simak Juga : Dosis dan Cara Minum Vitamin Kalsium Untuk Ibu Hamil

Kebutuhan vitamin D dengan dosis tersebut sebenarnya dapat terpenuhi dengan berjemur di bawah paparan sinar matahari pagi secara langsung. Selain itu ada juga beberapa sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin D untuk memenuhi angka kecukupan gizi harian tersebut. Kuning telur, susu, ikan dan jamur memiliki kandungan vitamin D tinggi yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin D.

Selain itu, kebanyakan Vitamin Ibu Hamil juga memiliki kandungan vitamin D yang cukup. Suplemen khusus vitamin D mungkin dibutuhkan selama masa kehamilan, terutama bagi ibu hamil yang memang memiliki masalah defisiensi vitamin D seperti hipofosfatemia atau rakitis. Umumnya suplemen vitamin D dengan dosis 400 IU hingga 5.000 IU dapat dibeli secara bebas. Sedangkan vitamin D dosis tinggi hanya dapat dibeli dengan resep dokter. Ibu hamil dapat mengkonsumsi suplemen vitamin D dengan dosis hingga 1.000 IU sekali setiap hari.

Adapun cara konsumsi vitamin D tidak memiliki aturan khusus, sehingga dapat dikonsumsi kapan saja sesuai selera. Hal penting yang harus diperhatikan adalah jumlah atau dosis yang dikonsumsi agar sesuai dengan kebutuhan harian untuk ibu hamil dan tidak menjadi konsumsi yang berlebihan. Karena alasan itulah, pengetahuan mengenai Dosis dan Cara Minum Vitamin D Untuk Ibu Hamil menjadi penting dan konsultasi dengan dokter sebaiknya tetap dilakukan. (SA)

Baca Juga : Dosis dan Cara Minum Vitamin C Untuk Ibu Hamil

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini