Efek Samping Obat Omeprazole

efek samping obat omeprazole
Dampak dan efek samping penggunaan obat omeprazole

Efek samping obat omeprazole – DrZuhdy.com. Omeprazole adalah obat yang cukup umum digunakan pada pasien-pasien dengan permasalahan pada asam lambung. Obat ini dirasakan sangat bermanfaat. Namun, ada beberapa kemungkinan efek samping dari obat yang mungkin timbul.

Dampak dan Efek Samping Obat Omeprazole

Di bawah ini adalah rincian beberapa dampak dan efek yang berkemungkinan muncul bila mengkonsumsi obat ini. Penting diingat bahwa gejala di bawah ini bukan mutlak muncul. Hingga saat ini laporan dampak yang tidak diinginkan dari penggunaan obat ini masih rendah.

Silahkan berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda bilamana mengalami gejala di bawah ini dengan derajat yang berat. Gejala tersebut antara lain:

• Konstipasi
  • Kembung
  • Diare
  • Muntah
  • Nyeri pada kepala.

Beberapa gejala dan keluhan di atas bisa berlangsung buruk dan serius. Jikalau Anda mengalami keluahan di bawah ini maka dianjurkan menghubungi layanan kegawatdaruratan.

• Ruam-ruam pada kulit
  • Urtikaria atau kaligata atau biduran
  • Gatal-gatal pada sebagian atau seluruh badan
  • Pembengkakan pada wajah, tenggorokan, lidah, bibr, mata, tangan, tungkai, atau kaki
  • Kesulitan dalam bernafas atau proses menelan
  • Suara menjadi serak
  • Detak jantung berubah menjadi tidak teratur, cepat, dan dirasakan berdebar-debar.
  • Keletihan yang sangat
  • Pusing
  • Nyeri kepala ringan
  • Spasme pada otot, kram, atau kelemahan
  • Mudah gelisah
  • Getaran tubuh yang tidak bisa dikendalikan
  • Kejang
  • Diare berat dengan konsistensi tinja berait atau demam yang tidak mudah turun
  • Bertambah buruknya nyeri pada sendi-sendi
  • Ruam pada pipi atau lengan yang merupakan akibat terlalu sensitif pada cahaya matahari
  • Berkurangnya volume urin
  • Terdapat darah di dalam cairan urin

Dampak Yang Tidak Diinginkan Lainnya

Individu yang memakai obat omeprazole (atau golongan penghambat pompa proton lainnya) mempunyai kecenderungan mengalami patah tulang pergelangan tangan, pinggul, atau tulang belakang daripada pasien yang tidak menggunakan salah satu obat ini.

Pasien yang memakai obat golongan penghambat pompa proton ini juga bisa mengalami fundic gland polys (sejenis pertumbuhan pada lapisan perut). Risiko-risiko ini berkemungkinan paling tinggi terjadi pada orang yang memakai dosis tinggi dari salah satu obat ini atau meminumnya selama satu tahun atau lebih. Oleh sebab itu, pemakaian obat ini harus berdasarkan rekomendasi dari dokter.

Nah, itu tadi penjelasan tentang efek samping omeprazole. Silahkan diskusikan dengan dokter Anda tentang penggunaan obat ini disesuaikan dengan penyakit dan kondisi Anda saat ini. Tidak dianjurkan untuk meminum obat secara sembarangan.