Kenapa Saat Hamil Keluar Keputihan?

2
160
Penjelasan kenapa saat hamil keluar keputihan
Ilustrasi ibu hamil

Pada artikel ini kami akan menjawab pertanyaan dari pembaca tentang alasan kenapa saat hamil keluar keputihan. Hal ini cukup penting diketahui agar kehamilan lebih waspada dan tenang untuk dijalani.

Pertanyaan Kenapa Saat Hamil Keluar Keputihan

Perkenalkan nama saya Mika usia 23 tahun, Dok. Saat ini saya sedang hamil anak pertama setelah diperiksa oleh bidan. Sekarang saya mengeluarkan seperti keputihan dari kemaluan saya. Saya pernah mengalami keputihan akan tetapi jumlahnya tidak sebanyak ini. Nah, yang ingin saya tanyakan adalah apakah apa yang saya alami ini berbahaya atau dalam batas kewajaran.

Jawaban:
Terima kasih kepada ibu Mika atas pertanyaannya. Penting untuk Ibu Mika pahami bahwasanya keputihan saat hamil biasanya adalah suatu keadaan yang dalam batas normal. Namun, bilamana keputihan sudah mengalami perubahan warna yang disertai beberapa gejala tertentu maka bisa jadi ini menunjukkan tanda-tanda infeksi atau kondisi medis abnormal lainnya.

Penyebab Mengapa Saat Hamil Keluar Keputihan Yang Normal

Keputihan saat hamil terjadi sebagai akibat dari peningkatan jumlah hormon estrogen dan aliran darah ke organ vagina. Tambahan cairan yang keluar dari bagian leher rahim ini sebetulnya ialah zat sisa-sisa pembuangan dari rahim dan vagina, bakteri-bakteri normal yang hidup di vagina, dan sel-sel mati yang berasal dari dinding vagina.

Pada awal periode kehamilan, cairan keputihan ini akan penuh terdapat di saluran leher rahim. Ini akan juga bertindak sebagai lendir pelindung. Mendekati waktu persalinan jumlah lendir ini akan semakin bertambah banyak.

Keputihan yang bersifat normal sewaktu masa kehamilan biasanya ditunjukkan dengan tanda keluarnya cairan yang jernih atau pun berwarna putih seperti susu. Penting diketahui bahwa cairan ini tidak disertai dengan bau (busuk). Cairan biasanya memiliki tekstur yang licin dan lengket dan dapat berupa cairan kental atau pun encer. Biasanya keputihan yang normal ini mirip dengan keputihan sewaktu diantara siklus haid.

Baca juga: Penyebab keputihan berlebihan saat hamil muda.

Kapan harus ke dokter?
Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter bila keputihan yang Anda alami meragukan atau pun gejala yang muncul tidak seperti dijelaskan di atas. Oleh karena, ada beberapa penyakit yang dapat menjadi alasan kenapa saat hamil keluar keputihan. Salah satunya adalah penyakit infeksi.

Beberapa penyakit infeksi yang bisa menimbulkan keputihan abnormal antara lain vaginosis bakterialis, infeksi streptococcus grup B (SGB) dan trikomoniasis. Selain infeksi bakteri, infeksi jamur juga dapat mencetuskan keputihan ini.

Dokter lah yang nanti akan membantu ibu dalam menganalisis jenis keputihan yang dialami dan melakukan pemeriksaan seperlunya. Tata laksana perawatan untuk mencegah timbulnya komplikasi biasanya akan dianjurkan oleh dokter dengan pertimbangan medis yang matang.

Nah, jadi Ibu Mika tidak perlu terlalu khawatir tentang keputihan yang dialami. Namun, kami menyarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter di tempat tinggal Anda. Mengapa? Oleh karena informasi dan keterangan yang ibu sampaikan pada pertanyaan amat sangat terbatas untuk kami.

Untuk lebih jelasnya tentang keputihan selama kehamilan ini silahkan baca pada tautan ini: Keputihan saat hamil.

Nah, itu tadi jawaban dari pertanyaan Ibu Mika. Mudah-mudahan bisa membantu keadaan yang dialami.

  • Sumber:
    • Medicalnewstoday.com (2020): Vaginal discharge in pregnancy
    • Alodokter.com (2019): Apakah Keputihan saat Hamil dapat Berbahaya?

2 KOMENTAR

  1. […] Kenapa saat hamil keluar keputihan? Keluar nya cairan berupa flek berwarna putih diakibatkan oleh proses hormonal semasa kehamilan. Pada waktu ini terjadi peningkatan kenaikan hormon estrogen guna pertumbuhan dan perkembangan rahim dan janin. Sebagai akibatnya terjadi peningkatan aliran darah ke organ-organ yang berhubungan dengan kehamilan termasuk miss V. Pada akhirnya akan meningkatkan produksi cairan oleh miss V yang menimbulkan gejala keputihan. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here