Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

2
60
keputihan berwarna putih susu apakah tanda hamil
Ilustrasi keputihan saat hamil

Artikel kali ini kami akan menjawab pertanyaan pembaca tentang keputihan berwarna putih susu apakah tanda hamil seorang wanita? Pertanyaan ini cukup banyak ditanyakan oleh perempuan terutama yang baru menikah. Yuk kita simak kebenarannya di bawah ini.

Pertanyaan Seputar Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil atau Bukan

Salam Dok. Nama saya Intan berusia 25 tahun. Saya baru saja menikah dan saat ini saya mengalami keputihan yang berwarna putih susu. Nah, kata teman saya itu merupakan tanda-tanda kehamilan. Apakah hal tersebut benar Dok?

Jawaban:
Terima kasih kepada ibu Intan yang telah melayangkan pertanyaannya kepada kami. Sebelum kami menjawab ke pertanyaan tersebut secara langsung, ada baiknya untuk ibu memahami apa itu keputihan.

Apa Itu Keputihan?

Keputihan dalam bahasa medis disebut dengan leukorea atau fluor albus. Leukore adalah keputihan yang normal seperti susu putih atau bening. Biasanya tipis dan bisa memiliki bau ringan. Biasanya tidak disertai dengan rasa gatal atau bau busuk yang kuat.

Flora vagina membantu membuat cairan putih dapat mempertahankan pH asam di vagina sehingga mencegah berkembangnya patogen berbahaya lainnya. Sejatinya keputihan ini adalah suatu keadaan yang bermanfaat. Oleh sebab itu, jangan sering terlalu bersih dalam menyeka cairan ini.

Kapan Saja Muncul Keputihan?

Leukorea atau keputihan ini adalah hal yang normal. Semua perempuan yang telah berfungsi kelenjar endokrin nya akan mengalami hal ini. Mengapa? Oleh karena, keputihan ini dikaitkan dengan peningkatan jumlah hormon estrogen.

Keputihan timbul saat seorang wanita mengalami telat datang bulan dapat dijadikan pertanda kehamilan. Hal ini dihubungkan dengan peningkatan jumlah hormon estrogen dan aliran darah ke bagian vagina di awal kehamilan. Jadi, pertimbangkanlah ibu merasakan gejala awal kehamilan (seperti mual, nyeri kepala, sakit punggung, perubahan suasana hati, nyeri pada payudara) ditambah dengan keputihan. Silahkan Ibu bisa memastikan kehamilan dengan pemeriksaan menggunakan alat tes kehamilan.

Ciri-Ciri Keputihan Tanda Kehamilan

Berikut ini beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan untuk mengetahui apakah keputihan yang dialami merupakan tanda kehamilan atau keputihan biasa di sekitar waktu ovulasi.

  • Jumlah
    • Salah satu penanda keputihan pada awal kehamilan terletak pada kuantitas leukorea. Keputihan pada awal kehamilan biasanya memiliki jumlah yang lebih banyak ketimbang keputihan biasa.
  • Warna
    • Keputihan awal kehamilan memiliki kecendrungan berwarna putih seperti susu. Namun, bisa juga memiliki warna putih kekuningan. Jadi, ini sekaligus menjawab pertanyaan ibu bahwa memang keputihan berwarna seperti susu berhubungan erat dengan gejala awal kehamilan. Namun, untuk memastikan dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut seperti tes kehamilan melalui urin.
  • Tekstur
    • Tekstur tidak terlalu membedakan, akan tetapi keputihan pertanda kehamilan cenderung lebih cair dan lengket.

Kesimpulan

Jadi, keputihan berwarna putih susu apakah tanda hamil seorang perempuan? Jawabnya iya. Walaupun sifatnya tidak mutlak tapi menguatkan dugaan kepada masa awal kehamilan.

Baca juga: Kenapa saat hamil keluar keputihan?

Demikian penjelasan kami. Mudah-mudahan Ibu Intan dapat mengerti. Terima kasih.

  • Sumber:
    • Medicalnewstoday.com (2020): What do different colors of discharge mean in pregnancy?
    • Avawomen.com (2018): Leukorrhea: Is This White Vaginal Discharge an Early Sign of Pregnancy?
    • Alodokter.com (2020): Perbedaan Keputihan Tanda Hamil dengan Keputihan Menjelang Haid
    • DrZuhdy.com (2020): Keputihan saat hamil

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here