Gejala Asam Lambung Naik Ke Kepala

Gejala Asam Lambung Naik Ke Kepala
Ilustrasi Gejala Asam Lambung Naik Ke Kepala Pusing

Banyak pembaca yang bertanya kepada kami apakah ada gejala asam lambung naik ke kepala? Apakah pusing termasuk gejala hal tersebut. Dan masih banyak pertanyaan sejenis lainnya. Baiklah kami akan mencoba membahasnya pada artikel ini.

Adakah Gejala Asam Lambung Naik Ke Kepala?

Perlu Anda ketahui bahwasanya asam lambung tidak bisa naik sampai ke kepala. Mengapa? Oleh karena saluran pencernaan itu bermula dari rongga mulut. Asam lambung hanya bisa naik sampai rongga mulut dan hidung atau bahkan keluar dalam bentuk muntah. Jadi tidak akan ada gejala yang muncul karena tidak pernah asam lambung naik melebihi tinggi rongga mulut atau hidung.

Lantas timbul pertanyaan lain yaitu mengapa orang yang menderita asam lambung naik cukup sering mengalami sakit kepala atau pusing? Banyak orang sering mengeluhkan kepala kliyengan karena asam lambung kambuh. Nah, ini dia penjelasannya!

Kepala Pusing Ketika Asam Lambung Naik Dikarenakan Oleh POTS

Gejala pusing yang dirasakan saat asam lambung sedang naik bisa jadi diakibatkan oleh POTS. Apa itu POTS? POTS adalah kependekan dari Postural Orthostatic Tachycardia Syndrome. Ini adalah suatu keadaan otonom yang mana jumlah volume darah yang kembali ke organ jantung terlampau sedikit. Biasanya ini terjadi ketika bergerak dari posisi berbaring ke posisi berdiri.
Gejala yang dirasakan dapat berupa:

• Sakit kepala
  • Kepala terasa pusing
  • Jantung berdebar-debar
  • Kelelahan
  • Gangguan pada pencernaan, semisal mual, begah atau kembung

Selain nyeri kepala, POTS juga menyebabkan gangguan pada lambung seperti penyebutan pada rincian di atas. Ini terjadi karena aliran darah menuju lambung berkurang sehingga pasien mengalami mual. Pada waktu yang lain ketika aliran darah meningkat maka akan terasa oleh pasien berupa nyeri perut yang muncul secara tiba-tiba.

POTS ini bisa terjadi baik pada laki-laki ataupun perempuan. Pada umumnya orang menderita POTS ini berusia 15 sampai 50 tahun. Namun, perlu Anda pahami bahwasanya orang yang menderita asam lambung dan sakit kepala bukanlah mutlak sebagai akibat keadaan POTS ini.

Kemungkinan munculnya gejala pusing karena asam lambung lainnya adalah berkaitan dengan stres, kondisi hipoglikemia, dan beban mental. Terkait hal ini sebenarnya sudah kami jelaskan pada: Kepala Kliyengan Akibat Asam Lambung Naik. Namun, kami akan menyinggungnya sedikit.

Stress

Gejala asam lambung naik biasanya akan mencetuskan peningkatan produksi hormon stres dan membuat penderitanya semakin cemas. Hormon ini bisa menyebabkan penyempitan diameter pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah ke organ otak akan berkurang sehingga kebutuhan oksigen dan nutrisi otak bisa saja tidak terpenuhi. Keadaan ini akan menyebabkan timbulnya gejala sakit kepala.

Bila Anda ingin memahami keterkaitan antara stres dan asam lambung naik, silahkan baca pada tautan ini: Hubungan Antara Asam Lambung dan Kecemasan

Keadaan Hipoglikemia

Asam lambung naik ini seringkali diakibatkan oleh kebiasaan makan telat dari para penderitanya. Kebiasaan ini juga tidak jarang telah dilakukan bahkan jauh sebelum menderita penyakit ini. Hal ini menyebabkan tubuh berada dalam kondisi hipoglikemia. Asupan nutrisi yang kurang sudah barang tentu akan berdampak kepada kebutuhan nutrisi otak. Nah, ini bisa mencetuskan sakit kepala atau pusing.

Beban Mental

Peningkatan asam lambung juga mendapatkan pengaruh dari tekanan mental dan begitu sebaliknya. Oleh sebab itu, penderita yang sedang kambuh penyakit GERD nya maka sering kali menunjukkan gejala-gejala fisik berupa sakit pada kepala, pusing berputar, atau bahkan kliyengan.

Nah, itu tadi penjelasan seputar mengapa disebut dengan gejala asam lambung naik ke kepala. Jadi, hal ini lebih disebabkan oleh gejala yang terjadi pada kepala akibat naikknya asam lambung, bukan akibat asam lambung yang naik ke kepala. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.