Home Informasi Kehamilan Darah Haid Berwarna Hitam Apakah Hamil atau Tidak ?

Darah Haid Berwarna Hitam Apakah Hamil atau Tidak ?

0
192
Darah Haid Berwarna Hitam Apakah Hamil
Darah Haid Berwarna Hitam Apakah Hamil atau Tidak?

Darah haid berwarna hitam apakah hamil, pertanyaan tersebut sering kali ditanyakan oleh orang-orang. Warna merah biasanya muncul pada awal haid sedangkan warna cokelat muncul pada akhir siklus haid.

Namun warna haid juga bisa tampak hitam. Menurut OB/GYN Valinda Riggins Nwadike, MD, MPH, warna hitam ini bisa muncul sepanjang siklus Anda, biasanya selama periode menstruasi biasa.

Jika darah membutuhkan waktu lebih lama untuk meninggalkan rahim, itu akan teroksidasi. Ini dapat menyebabkan darah tampak cokelat dan kemudian cokelat tua atau hitam.

Baca Juga : Cara Menghentikan Flek Saat Hamil Muda

Darah Haid Berwarna Hitam Apakah Hamil, Ini Penyebabnya!

Selain proses normal pada siklus haid, darah haid yang berwarna hitam dapat disebabkan oleh berbagai hal. Berikut penyebabnya akan disampaikan di bawah ini.

1. Terdapat benda tersangkut di vagina

Darah haid hitam apakah normal? Hal ini bisa menandakan adanya benda asing yang tersangkut di vagina Bunda. Beberapa item ini termasuk kontrasepsi seperti kondom, cincin vagina, cangkir serviks, atau kontrasepsi diafragma.

Lama kelamaan, benda yang tersangkut di vagina ini bisa memicu infeksi. Selain darah hitam, infeksi dapat menyebabkan gejala lain, seperti keputihan berbau tidak enak.

Selain itu gejala lainnya ialah timbul rasa gatal di dalam dan sekitar vagina, bengkak atau ruam di sekitar alat kelamin, kesulitan buang air kecil, nyeri panggul atau perut, dan bisa menyebabkan demam.

Simak Juga : Cara Menghitung Telat Haid dan Dikatakan Hamil

2. Penumpukan darah di vagina

Akumulasi tersebut di vagina atau hematokolpos dapat mengubah cairan menstruasi menjadi hitam. Darah haid berwarna hitam dan menggumpal, hematocolpos terjadi ketika cairan haid tidak mampu keluar dari liang vagina.

Akumulasi darah ini perlahan menjadi gelap. Salah satu penyebabnya bisa jadi penyakit bawaan pada septum vagina atau selaput dara. Dalam kasus jarang terjadi, penyebab hematokolpos dapat berupa tidak adanya serviks.

Hal tersebut merupakan komplikasi bedah yang dikenal sebagai atresia serviks. Kondisi langka, paling sering disebabkan oleh kondisi bawaan, dan biasanya terdiagnosis pada masa remaja.

Baca Juga : Tolak Angin Untuk Ibu Hamil

3. Lochia

Lochia adalah darah yang keluar saat melahirkan, atau terjadi sekitar 4 hingga 6 minggu setelah kelahiran. Pendarahan dimulai dengan pendarahan dalam gumpalan menjadi kecil selama beberapa hari.

Sejak sekitar hari keempat, akan berubah dari merah menjadi merah muda atau cokelat, darah haid berwarna hitam apakah hamil. Jadi, jika alirannya sangat lambat, kemudian bisa berubah menjadi cokelat.

Simak Juga : Kenapa Saat Hamil Keluar Keputihan ?

4. Tanda-tanda kehamilan

Pendarahan pada awal kehamilan sering terjadi, Anda bisa mengalaminya saat fase implantasi. Saat sel telur berada di lapisan rahim sekitar 10 sampai 14 hari.

Darah yang keluar sedikit dan berwarna terang biasanya berwarna merah muda, cokelat hingga merah tua. Namun, warnanya bisa tampak hitam jika aliran yang keluar dari vagina terlalu lambat.

Perlu diketahui bahwa pendarahan implantasi ini tidak terjadi pada semua ibu hamil. Namun bila perdarahan banyak dan berlangsung lama, ibu sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Selain itu, warna darah haid cokelat kehitaman, Anda perlu mewaspadai tanda-tanda kehamilan lainnya selain pendarahan implantasi. Beberapa tandanya adalah menstruasi, mual di pagi hari, kelelahan, dan payudara bengkak.

Baca Juga : Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil ?

5. Keguguran

Munculnya perdarahan dan flek hitam bisa menjadi tanda keguguran, Bunda. Kondisi ini terjadi ketika embrio berhenti berkembang namun tidak dikeluarkan dari tubuh selama empat minggu atau lebih.

Keguguran dapat terjadi pada 20 minggu pertama kehamilan. Lagi pula, antara 10 dan 20 persen kehamilan tersebut bisa berakhir dengan keguguran melalui tanda-tanda tersebut.

Selain darah hitam, tanda keguguran lainnya yang harus diwaspadai adalah kram, nyeri perut, dan kelemahan fisik. Untuk memastikan kondisi tersebut, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Faktanya, beberapa orang tidak menyadari bahwa mereka mengalami keguguran sampai mereka melakukan USG. Selain itu, hal ini juga banyak bertanya-tanya darah haid berwarna hitam apakah hamil. (SA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here